Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Apa Itu Wakaf dan Keutamaannya

Saat bepergian dan ada kebutuhan untuk menunaikan ibadah salat lima waktu. Anda mungkin melaksanakan peribadatan di masjid yang biasanya ditemui di pinggir jalan. Tak jarang masjid yang dikunjungi ini bertuliskan “masjid wakaf”. Sebenarnya apa sih wakaf itu?

Apa yang dimaksud dengan wakaf?


Apa yang dimaksud dengan wakaf?

Jika ditilik dari segi bahasa, yaitu bahasa Arab, Wakaf berasal dari kata Waqafa yang artinya diam di tempat, berhenti, menahan. 

Jika diartikan sesuai hukum Islam maka wakaf berarti memberikan hak milik atas suatu hal yang sifatnya tidak mudah habis, tahan lama, kepada mereka yang akan menjaga wakaf. Penjaga wakaf ini disebut nadzir.

Banyak yang beranggapan bahwa wakaf adalah segala yang berwujud non-uang, sedangkan yang berwujud uang dianggap sebagai sedekah. Padahal wakaf pun bisa berwujud uang.

Jika uang sebagai sedekah diberikan, maka sudah berhenti manfaat uang di tangan penerima. Pahala pun sudah terhitung dan berhenti setelah uang diterima. Tetapi berbeda dengan wakaf. Saat wakaf maka berarti pahala akan terus mengalir walau pemberinya sudah meninggal.

Keutamaan Wakaf


Pada zaman Rasulullah, beliau hijrah dari Mekah ke Madinah bersama kaum Muhajirin. Lalu dibangunlah Masjid Quba. Sampai sekarang masjid ini masih dipakai sebagai tempat ibadah dan menjadi wakaf masjid pertama.

Manfaat dari bangunan ini masih ada sampai sekarang. Hal ini yang menjadi salah satu keutamaan wakaf, ada manfaat yang masih bisa dirasakan sampai sekarang. Untuk urusan pahala, orang yang mewakafkan dan yang menjaga wakaf sama-sama mendapat pahala.

Karena wakaf adalah menahan, artinya pemilik benda menahan kepemilikannya. Benda benda yang dimiliki berubah menjadi benda bermanfaat tanpa henti lewat wakaf. Harta yang diwakafkan akan menjadi milik Allah yang diatasnamakan orang banyak

Ketika ada tujuan untuk menyedekahkan faedah bagi kepentingan orang banyak, untuk kebaikan dan agama maka lengkap sudah tujuan wakaf.wakaf pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah atas nama umat banyak.

Mengingat pemanfaatan wakaf bersifat luas dan kontinyu, maka ini menjadi salah satu keutamaan dari wakaf. Selain itu, wakaf juga disebut sebagai modal utama untuk mengentaskan kemiskinan.

Keutamaan wakaf antara lain:

  1. Tolong menolong dan berbuat baik pada sesama.
  2. Tabungan akhirat. Berwakaf akan terus mendapat pahala walaupun kita sudah meninggal.
  3. Mengentaskan kemiskinan. Pengelolaan dana wakaf dengan baik, akan mewujudkan masyarakat yang lebih terjamin kehidupan sosial dan masyarakatnya
  4. Ibadah untuk mendekatkan diri pada Allah lewat sedekah jariyah yang tak terputus.
  5. Melatih jiwa sosial dengan ikhlas berbagi pada orang

Kemudahan Berwakaf Masa Kini


Saat ini berwakaf tidaklah sulit. Anda bisa mengejar kehidupan akhirat lewat wakaf sesuai dengan proyek wakaf yang Anda inginkan.

Jika dahulu orang-orang berwakaf satu bangunan masjid utuh, maka kali ini Anda bisa menentukan apa wakaf yang Anda inginkan lewat uang. Sesungguhnya wakaf adalah memberikan barang yang berharga untuk digunakan umat. Tidak melulu berupa bangunan fisik.

Wakaf bisa dilakukan melalui uang tunai. Wakaf juga bisa berupa uang non tunai.

Wakaf melalui uang tunai berarti wakaf dilakukan oleh seseorang atau banyak orang, termasuk juga lembaga. Wakaf dalam bentuk uang non tunai dan kemudian uang ini akan dikumpulkan dan diwujudkan menjadi objek wakaf. Penetapan objek wakaf ini ditentukan oleh wakif.

Sementara wakaf uang berbentuk uang tunai. Lalu nilai pokoknya harus terus dijamin keberlangsungannya, tidak boleh dijual, berpindah tangan, dihibahkan atau diwariskan.

jadiberkah.id adalah salah satu badan yang bisa menjembatani keinginan Anda berwakaf secara mudah, aman, dan amanah. Di manapun Anda, jadiberkah.id siap membantu Anda mewujudkan tabungan akhirat lewat wakaf.

Platform wakaf online jadiberkah,id punya beberapa program wakaf yang bisa dipilih. Apapun pilihan wakaf Anda, baik wakaf melalui uang maupun wakaf uang, Jadiberkah.id membantu keinginan mulia Anda melalui banyak objek wakaf yang bisa dipilih.

Jenis wakaf pun bermacam-macam. Ada yang berupa Wakaf uang produktif, wakaf untuk pembangunan rumah tahfidz, wakaf al-quran untuk pengungsi bencana, bahkan sampai wakaf untuk warga Palestina yang kekurangan sarana penunjang kehidupan.

Dengan hanya memilih kampanye wakaf yang Anda inginkan, segera tunaikan dengan mengisi data dan mentransfer uang wakaf. Dana akan dikelola dan dipergunakan sesuai dengan objek wakaf yang dipilih. Mudah kan?
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar