Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

6 Skill Wajib Dimiliki Digital Marketer

Digital marketing telah menjadi metode yang semakin penting untuk keberhasilan pemasaran produk dan layanan. Karena kian banyak bisnis yang bergerak secara online, maka kebutuhan akan digital marketer yang terampil semakin meningkat.

Profesi digital marketer sungguh menjanjikan karena banyak perusahaan membutuhkan keahliannya untuk menyusun strategi pemasaran digital yang efektif. Jika ingin berkarir sebagai seorang digital marketer, berikut adalah keterampilan yang harus dipunyai.
 

Keahlian Digital Marketing yang Harus Dimiliki Digital Marketer

Keahlian Digital Marketing yang Harus Dimiliki Digital Marketer

Digital marketer bertugas mempromosikan merek secara online. Ia memanfaatkan berbagai strategi pemasaran digital untuk menarik minat dan prospek agar penjualan meningkat. Jika ingin menjadi digital marketer, inilah keterampilan yang harus Anda miliki:
 

1. Memahami Strategi Media Sosial


Digital marketer perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang berbagai platform media sosial. Mereka harus mempunyai pola pikir kreatif untuk membuat konten seputar tren terbaru dan menemukan strategi mempromosikan merek lewat media sosial.

Promosi melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Twitter dipakai untuk membangun kesadaran audiens terhadap produk. Tujuan akhirnya adalah untuk menggaet target potensial agar melakukan pembelian dan menjadi pelanggan loyal.

Media sosial, termasuk WhatsApp menyediakan fasilitas berupa akun bisnis yang memiliki kelebihan dibanding akun biasa. Di sini, digital marketer bisa melakukan pengaturan audiens sehingga sesuai dengan sasaran produk.

Digital marketer memastikan bahwa strategi yang dijalankan dapat memberikan nilai dan keuntungan bagi pelanggan. Nilai yang didapat akan meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan akhirnya dapat menaikkan penjualan serta memperluas bisnis.
 

2. Memiliki Pemahaman Tentang SEO


SEO adalah strategi pemasaran untuk meningkatkan kemunculan dan peringkat situs web di mesin pencarian. SEO bekerja dengan melakukan optimalisasi konten dan struktur untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web.

Seorang digital marketer harus memahami taktik SEO, seperti konten marketing dan pembuatan tautan. Jika ingin menjajal profesi ini, Anda harus terbiasa dengan aturan teknis SEO seperti tag judul, tag H1, dan H2, dan menggunakan kata kunci.

Anda harus mencari kata kunci yang dapat meningkatkan lalu lintas situs web perusahaan. Ketika hendak meneliti kata kunci, ada banyak situs web yang bisa digunakan, misalnya Google Keyword Planner, KWFinder by Mangools dan sebagainya.
 

3. Memiliki Kemampuan Menulis 


Digital marketer harus menghasilkan konten berkualitas tinggi dan unik agar menonjol dari kompetitor. Profesi ini harus terampil dalam melakukan diversifikasi konten untuk menarik audiens pada platform yang berbeda-beda.

Untuk itu, Anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik agar dapat membuat konten bermutu dan memikat banyak pembaca. Rutin menulis di blog pribadi dan rajin membaca adalah langkah tepat untuk mengasah keterampilan di bidang ini.
 

4. Cepat Belajar


Pemasaran digital adalah metode yang sifatnya dinamis dan selalu berkembang. Hal ini terutama disebabkan karena platform dan tools yang digunakan untuk kegiatan promosi senantiasa mengalami perubahan, perbaikan, hingga penambahan.

Seorang digital marketer harus belajar dengan cepat agar mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan tersebut. Perlu diketahui bahwa perubahan tools dan platform biasanya beriringan dengan perubahan perilaku konsumen.
 

5. Mampu Menganalisis Data dengan Google Analytics


Analisis data adalah proses pemeriksaan data untuk menemukan informasi, gagasan, dan pola. Analisis data dibutuhkan dalam digital marketing untuk menghasilkan pengetahuan demi menyusun strategi pemasaran yang lebih baik.

Pemasaran digital biasanya menggunakan Google Analytics untuk memperoleh data mengenai aktivitas situs web. Berdasarkan data ini, perilaku audiens dapat diketahui, sehingga bisa dipakai untuk menyusun strategi bagi peningkatan konversi situs web.
 

6. Menjadi Pendengar yang Baik


Menjadi digital marketer berarti Anda harus memiliki kemampuan dalam menggali informasi yang dibutuhkan untuk strategi pemasaran. Mendengarkan keinginan pelanggan adalah cara tepat untuk mengetahui apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Informasi ini bisa Anda peroleh dengan banyak cara. Salah satu caranya adalah dengann melakukan survey singkat melalui email atau situs web untuk mengetahui keluhan pelanggan.

Jadilah pendengar yang baik atas keluhan dan saran pelanggan. Aktivitas ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan kualitas produk, atau mendapatkan produk sesuai keinginan pelanggan.

Agar mampu memahami pemasaran digital, strategi, dan tools yang digunakan, maka dianjurkan untuk mengikuti kursus digital marketing secara online. Salah satu tempat belajar yang menjadi rekomendasi adalah marketingdigital.id.
 

Ulasan Tempat Belajar Pemasaran Digital Tepercaya, marketingdigital.id

Ulasan Tempat Belajar Pemasaran Digital Tepercaya, marketingdigital.id

Jika Anda ingin menekuni profesi digital marketer, mengikuti kursus online di marketingdigital.id adalah langkah yang paling tepat. Di sini peserta akan mendapatkan pemahaman yang terperinci tentang hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran digital.

Peserta akan mendapatkan materi berupa strategi digital marketing, seperti pemanfaatan media sosial, pemahaman SEO, Google Analytics, dan lainnya.

Pelatih yang profesional akan membantu peserta meningkatkan pengetahuan dan keahlian untuk menjadi digital marketer yang sukses. Hubungi marketingdigital.id sebagai tempat belajar dan mencari informasi terkini tentang strategi digital marketing.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar