Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

4 Destinasi Pemandian Air Panas Alami di Pulau Jawa yang Terkenal Eksotik

Jika berbicara mengenai pemandian air panas, rasanya ingin cepat-cepat sewa bus pariwisata agar bisa membawa rombongan keluarga agar bisa bersama-sama menikamti kehangatannya. Apalagi disamping kehangatannya, ia juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.
 

Pemandian Air Panas Alami di Pulau Jawa


Pemandian Air Panas Alami di Pulau Jawa

Pernahkah kamu bertanya, apa si istimewanya pemandian air hangat? Bukankah setiap orang bisa menciptakan mandi dengan air hangat di rumahnya masing-masing? Lalu apa yang istimewa dengan pemandian air hangat?

Sekelumit pertanyaan itu terkadang muncul ketika enggan untuk keluar rumah hanya untuk mendapatkan mandi dengan air hangat. Tapi faktanya memang pemandian air hangat memiliki banyak manfaat dari pada hanya sekedar berendam dengan air hangat di rumahmu.

Pemandian air panas alami mampu meredakan kepenatan, mendetoksifikasi racun, menyembuhkan sakit kulit, melancarkan peredaran darah, mengobati jerawat, meredakan sakit tulang, munurunkan kadar kolesterol, mengobati insomnia, meredakan flu dan sakit kepala.

Tapi untuk mendapatkan semua manfaat itu, kamu harus memastikan bahwa suhu air panas yang kamu gunakan bekisar antara 30 sampai 35 derajat Celcius. Itupun sebaiknya tidak kamu lakukan selama berjam-jam. Waktu yang disarankan yaitu antara 10 sampai 20 menit saja.

Nah, untuk menikmati pemandian air panas alami ini kamu tidak perlu sewa bus pariwisata atau sewa bus Jakarta sampai ke luar Pulau Jawa. Pasalnya, destinasi pemandian air panas alami di Pulau Jawa pun juga banyak yang bisa dinikmati.

Mari simak ulasan tentang tiga pemandian air panas alami di Pulau Jawa berikut ini.
 

1. Candi Umbul


Harga tiket masuk ke Candi Umbul Kabupaten Magelang terbilang sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Enam Ribu Rupiah untuk bisa memasukinya. Harga ini mungkin saja berubah, untuk memastikan harganya kamu bisa menghubungi call center.

Call center nya bisa kamu hubungi di nomor 087734143050. Candi Umbul beroperasi mulai pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB. Jadi setelah seharian sibuk bekerja, kamu bisa mampir ketempat ini ketika pulang dari pekerjaanmu, meskipun hanya bisa beberapa waktu disana.

Candi yang terletak diperbatasan antara Magelang dan Temanggung ini dinamai Candi Umbul karena air panas yang ada pada kolam pemandian tersebut selalu mencuat ke atas, yang mana sering disebut “mumbul” dalam Bahasa Jawa.

Konon katanya, pemandian air hangat yang teradapat di Candi Umbul berbeda dengan pemandian air hangat di tempat lainnya. Pemandian air hangat di lokasi ini terbilang istimewa karena bau belerangnya tidak sekuat di lokasi pemandian lainnya.

Bau belereang yang tidak terlalu kuat inilah yang membuat pengunjung lebih betah untuk berlama-lama berendam di dalamnya. Disamping itu pihak pengelola juga sedang berupaya meningkatkan kualitas dengan menambahnya dengan beberapa fasilitas penunjang.

Candi Umbul yang berdiri di lahan seluas 4.540 meter persegi ini memang dulunya tidak dilengkapi fasilitas seperti loket, toilet, ruang bilas, dan kafe. Dengan adanya penataan ulang dan peningkatan kualitas, maka diharapkan aset cagar budaya ini semakin dilirik wisatawan.
 

2. Pancuran Telu


Pancuran telu merupakan salah satu obyek wisata yang merupakan bagian dari Baturraden, Bnayumas, Jawa Tengah. Kamu bisa langsung menjumpainya setelah masuk 500 meter dari pintu gerbang Baturraden. Setelah 500 meter, kamu harus melalui jalan menanjak ke atas.

Jika kamu sudah sampai pada lokasi Pancuran Telu, kamu harus membayar tiket masuknya. Jadi, untuk menikmati air panas di Pancuran Telu kamu harus membayar biaya tiket masuknya dua kali yaitu biaya untuk memasuki kawasan Baturraden dan ke Pancuran Telu.

Kamu juga bisa menikmati mandi lumpur disini. Lokasi Pancuran Telu berada di ketinggian sekitar 640 meter di atas permukaan air laut. Ketinggian ini membuat lokasi sekitar Baturraden cenderung sejuk.

Meskipun suasananya cenderung sejuk menuju dingin, tapi air kolam dari Pancuran Telu ini tidak semuanya dingin. Dari ketiga kolam yang ada, dua diantaranya merupakan air panas dan satu lainnya berupa air dingin.

Suhu air pada kolam air panas pertama bisa mencapai 60 sampai 70 derajat Celcius. Untuk itu terpasang papan peringatan yang mengingatkan pengunjung agar tidak berendam lebih dari 15 menit. Selama kamu mengikuti peraturan yang ada, maka kamu akan tetap aman.

Pada kolam kedua kamu akan menemui suhu air yang dingin. Sedangkan pada kolam ketiga memiliki suhu yang hangat dan letaknya berada di bawah kolam pertama dan kedua. Suhu hangat ini seolah-olah tercipta karena perpaduan dari kedua kolam di atasnya.
 

3. Cangar


Obyek wisata Cangar berada di Desa Sumberbrantas, Kecamata Bumiaji, Kota Batu. Obyek pemandian air panas ini kembali beroperasi sejak Oktober 2021. Namun untuk mengurangi kerumana dalam jumlah besar, maka lokasi ini hanya boleh dipenuhi oleh 350 orang saja.

Semenjak dibukanya kembali obyek pemandian air panas Cangar, pihak pengelola pun berusaha meningkatkan fasilitas yang ada. Peningkatan kualitas ini terlihat dengan adanya pembangunan ruang rendam keluarga yang berjumalah tujuh kamar beserta musholla.

Selain itu, di tahun 2022 sudah dicanangkan akan adanya renovasi kolam renang dewasa, kolam khusus perempuan, kolam berendam umum, dan foodcourt. Disamping itu, rencananya landscapenya juga akan ditata ulang agar lebih nyaman ketika dipandang.
 

4. Tirta Sanita


Pemandian air panas yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat ini kini disebut dengan nama Titra Sayaga. Biaya tiket masuk antara anak-anak dan dewasa tidak sama. Harga tiket masuk ini juga belum memperhitungkan parkir, berendam air panas, permaianan dan outbound.

Tampilan alaminya yang berada pada lahan seluas 8 hektar di area gunung kapur membuatnya terlihat natural sekaligus kokoh karena menyatu dengan alam. Air panas ini berasal dari mata air Gunung Kapur Ciseeng yang mengandung belerang, garam, dan kapur.

Sewa Bus Pariwisata Melody Transportasi


Sewa Bus Pariwisata Melody Transportasi

Penatnya rutinitasmu mungkin akan membuatmu lebih memilih sewa bus pariwisata atau sewa bus Jakarta untuk mencapai lokasi pemandian air panas. Salah satu penyedia jasa layanan sewa bus pariwisata yang bisa kamu gunakan yaitu Melody Transportasi.

Berbagai pilihan jumlah kursi penumpang dan fasilitas unggulan lainnya dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk jenis bus tertentu juga disediakan toilet serta smoking area bagi para perkok agar kamu merasa nyaman.

Kamu tidak perlu ragu ketika akan menggunakan jasa Melody Transportasi, keandalannya di jalanan ini sudah memiliki jam terbayang yang cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan testimoni-testimoni yang tersedia di laman websitenya.

Kamu bisa menyimak secara langsung real testimoninya pada sisi bawah halaman beranda. Sewa bus pariwisata Melody Transportasi ini bisa dilakukan untuk berbagai daerah tujuan di Pulau Jawa maupun antar pulau di Indonesia. Kamu cukup mengkomunikasikan hal ini ke CS.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar