Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Berkenalan dengan Cloud Service dan Penyedianya

Pernah mendengar istilah cloud service atau layanan cloud? Istilah tersebut mengacu kepada layanan-layanan yang berbasis awan dan internet. 

Kegunaan layanan ini adalah untuk mempermudah akses ke aplikasi maupun sumber daya TI tanpa memerlukan perangkat keras internal. 

Kegiatan seperti mengecek email dan menggabungkan dokumen merupakan contoh layanan awan yang sering digunakan dalam dunia kerja.

Bagaimana cara kerjanya?


Pengelolaan layanan awan atau cloud service biasanya dilakukan oleh sebuah vendor yang memberikan pelayanan tersebut. 

Namun, tidak menutup kemungkinan hal ini bisa juga dikelola sendiri dengan menyediakan hosting dan perlengkapan lainnya secara mandiri.

Apabila menggunakan jasa pengelolaan cloud service, penyedia layanan akan menyediakan sistem dan server untuk komputasi awan sehingga perusahaan tidak perlu repot menyediakan hosting dan perlengkapan lainnya. 

Perusahaan juga bisa meminta dibuatkan spesifikasi khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan, atau dikustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan. Salah satu penyedia layanan cloud service adalah neuCentrIX.

Apa keuntungannya menggunakan penyedia layanan awan?


Apa keuntungannya menggunakan penyedia layanan awan?

Dengan menggunakan layanan cloud, perusahaan akan merasakan beberapa keuntungan yang signifikan, di antaranya:

Mampu meningkatkan bisnis


Perusahaan tidak perlu berinvestasi atas berbagai perangkat dan sumber daya TI untuk layanan cloud, karena penyedia telah menyiapkan semua infrastruktur dan perangkat yang dibutuhkan. 

Tentunya hal tersebut akan memudahkan perusahaan. Selain itu, layanan cloud dapat dengan mudah menyesuaikan kebutuhan bisnis.

Menurunkan biaya


Provider atau penyedia layanan cloud biasanya menawarkan berbagai paket langganan bulanan atau tahunan yang bisa disesuaikan dengan penggunaan untuk menikmati layanan ini. 

Hal ini lebih hemat dibandingkan harus membayar lisensi software dasar.

Jika menggunakan jasa penyedia layanan atau provider layanan cloud, perusahaan tetap bisa mengakses software, penyimpanan, dan layanan lainnya karena sudah termasuk ke dalam paket langganan. 

Perusahaan juga tidak membutuhkan biaya tambahan untuk pemeliharaan dan peningkatan.

Peningkatan fleksibilitas


Dengan menggunakan provider atau penyedia layanan cloud, perusahaan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Apabila ada platform atau aplikasi yang tidak dibutuhkan, maka perusahaan hanya perlu membatalkan atau memberhentikan langganan saja.

Jenis-jenis cloud service


Terdapat tiga jenis cloud service, yaitu:

Software as a service (SaaS)


Layanan cloud jenis software as a service (Saas) dikenal sebagai software layanan yang memiliki berbagai layanan, misalnya pencadangan file, penyimpanan file, email berbasis web, alamat manajemen proyek, dan lainnya. 

Pengguna yang berlangganan jenis SaaS dapat membagikan, menyimpan dan mengamankan berbagai informasi di cloud tanpa menggunakan perangkat keras.

Infrastructure as a Service (IaaS)


Infrastructure as a Service (IaaS) atau infrastruktur sebagai layanan, menyediakan layanan berupa penyediaan, pengelola dan pemliharaan infrastruktur. 

Memiliki fungsi sebagai kerangka kerja pusat data lengkap, menghilangkan kebutuhan untuk penginstalan di tempat yang intensif sumber daya.

Platform as a Service (PaaS)


Jenis ini memiliki fungsi sebagai lingkungan berbasis web tempat pengembang bisa membangun aplikasi cloud.

Jenis ini akan menyediakan database, sistem operasi, dan bahasa pemrograman yang nantinya digunakan organisasi untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis cloud, tanpa harus memelihara elemen yang mendasarinya.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar