Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online Di Rumah

Belajar online sekarang ini sudah menjadi suatu kegiatan yang tidak tabu lagi. Apalagi di era pandemi covid-19, pemerintah memberlakukan belajar via online untuk menghambat penyebaran virus karena adanya pertemuan tatap muka dalam kegiatan belajar di sekolah.

Memanfaatkan teknologi seperti smartphone dan laptop, belajar online dikemas semenyenangkan mungkin agar siswa tidak bosan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan tapi belajar online juga mempunyai beberapa kekurangan. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Belajar Online yang Menarik


Belajar online bisa dilakukan terjadwal oleh pihak sekolah maupun bimbingan belajar (bimbel). Meski tidak bertatap muka, pengajar tetap memberikan nilai pemahaman dan perkembangan siswa terhadap materi yang diberikan.

Sebagian siswa yang belum terbiasa dengan tes online biasanya akan mengalami kesulitan. Namun keadaan ini bisa dirubah karena pengajar yang profesional dalam bidangnya akan berusaha memberikan materi pelajaran dengan nyaman, adil, dan kompeten.

Berbicara tentang fitur, ada beberapa fitur yang bisa didapatkan dari aplikasi belajar online. Metode yang digunakan pengajar juga bervariasi. Hal ini dilakukan agar siswa tidak merasa bosan, namun tetap serius dalam belajar.
 

1. Tugas Individu


Siswa sekolah biasanya akan mendapatkan tugas individu lebih banyak dari pada kelompok di pembelajaran online. Adanya tugas individu akan mengasah pemahaman siswa. Siswa menerima tugas dengan topik tertentu dan belajar disiplin karea adanya tenggat waktu pengumpulan tugas.
 

2. Kegiatan Diskusi


Diskusi akan terasa berbeda jika dilakukan secara online. E-learning tanpa bertatap muka seperti ini tetap harus memunculkan interaksi antara pengajar dan siswa, atau sesame siswa. Di samping tugas individu, pengajar sesekali memberikan tugas kelompok untuk menghidupkan diskusi.
 

3. Ujian Tatap Muka


Seperti layaknya sekolah pada umumnya, ujian juga dilaksanakan dalam pembelajaran online. Berbeda dengan penyampaian materi yang berbasis online setiap hari, pengajar akan mengatur waktu untuk melakukan ujian tatap muka untuk memberikan penilaian pemahaman siswa selama belajar online.
 

4. Sumber Belajar Online


Umunya mendapatkan materi secara online membutuhkan referensi untuk belajar. Siswa bisa mendapatkan materi pelajaran dari berbagai sumber, contohnya sosial media YouTube, e-book, forum diskusi, jurnal, serta sesi diskusi online di grup-grup tanya jawab sesuai dengan topik belajar.

Sumber belajar bisa dipilih sesuai dengan platform yang diambil untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Sesekali siswa memang butuh untuk membeli buku fisik untuk mendukung informasi yang didapat dari e-book.
 

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online Di Rumah


Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online Di Rumah

Dalam belajar mengajar via online memiliki beberapa kelebihan yang perlu diketahui. Dengan demikian, baik siswa maupun orang tua tidak merasa dirugikan dengan sistem belajar tanpa tatap muka tersebut.
 

Hemat Biaya


Disebut hemat biaya karena orang tua tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan uang saku anak. Biaya juga dapat ditekan karena materi bisa didapatkan gratis tanpa buku fisik.
 

Fleksibel


Yang dimaksud fleksibel adalah kesesuaian jadwal siswa dengan waktu yang dimiliki. Jika memilih bimbel online, pastikan jadwal tertata rapi agar tidak bentrok dengan kegiatan lainnya. Atau sebaliknya, waktu luang anak bisa digunakan untuk mengambil bimbel.
 

Akses Materi Mudah


Materi belajar online tidak terbatas. Artinya informasi terkait pelajaran baik berupa data maupun tulisan lain bisa didapatkan dari berbagai sumber. Internet sudah menjadi makanan siswa sehari-hari, jadi sudah bukan masalah lagi untuk mencari materi belajar via online.

Ada kelebihan, ada pula kekurangannya. Sebagai orang tua, proses belajar anak juga harus mendapatkan pendampingan. Maka sangat perlu bagi orang tua untuk mengetahui kekurangan apa saja yang ditimbulkan dari proses belajar online.
 

Akses Belajar Terbatas


Wilayah Indonesia yang luas membuat internet belum merata hingga ke pelosok. Internet yang tidak stabil menjadi kendala utama saat belajar online. Hal ini akan mengganggu siswa dan pengajar dalam penyampaian materi belajar.
 

Minim Pengawasan


Mengapa ujian biasanya dilakukan secara tatap buka? Hal ini karena minimnya pengawasan. Jika ujian dilakukan secara online, keterbatasan fitur kamera pada gawai akan memicu kecurangan siswa.
 

Aplikasi Belajar Online Terbaik


Ada berbagai platform pembelajaran online yang bisa digunakan, khususnya yang berhubungan dengan jaringan internet. Mengingat belajar mengajar bisa dilakukan siswa SD hingga perguruan tinggi, berikut rekomendasi aplikasi belajar online terbaik.

Beberapa platform yang laris manis digunakan belajar online yaitu IndiHome Study, Rumah Belajar, Brainly, dan Udemy.

IndiHome Study merupakan platform termurah yang bisa diakses semua orang yang. Fitur di dalamnya sangat lengkap sehingga proses belajar mengajar online dapat terselenggara dengan baik.kurikuluk K-13 yang memiliki tingkat kerumitan lebih bahkan bisa diakses di platform ini.

Pengguna platform IndiHome Study bisa digunakan mulai dari siswa Sekolah Dasar hingga mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di tingkat universitas. IndiHome Studi menawarkan 5 fitur unggulan yaitu buku sekolah elektronik (buku digital), materi belajar, materi ujian, sertifikasi, dan minat bakat.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar