Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

4 Keutamaan Wakaf Uang untuk Sosial

Tahukah Anda bahwa wakaf uang sebenarnya belum ada di zaman Rasulullah? Ternyata baru di abad kedua hijriyah, wakaf uang baru digunakan. Bukan sekadar memberikan sebagian harta untuk orang lain, Anda perlu tahu keutamaan wakaf uang agar semakin giat berwakaf demi kemaslahatan umat.

Arti Wakaf Uang


Pengertian wakaf uang adalah wakaf yang dilakukan baik oleh orang per orang, kelompok, maupun lembaga yang disalurkan untuk hak-hal yang syar’i. Apa-apa yang sudah diwakafkan ini tidak boleh diwariskan, diberikan atau dihibahkan ke orang lain, apalagi dijual. Nilai-nilai kelestariannya harus terus dijaga.

Sekitar abad 20, lembaga keuangan Islam banyak yang bermunculan dan wakaf uang dijadikan salah satu basis dalam mengembangkan perekonomian umat. Mengingat keutamaan wakaf uang yang tidak bisa dinafikan keberadaannya, maka Anda perlu tahu lebih lanjut tentang keutamaan dan kedudukannya dalam Islam.

Hukum Wakaf Uang


Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) tentang wakaf uang adalah boleh (jawaz). Fatwa ini diperkuat oleh pendapat Sebagian ulama mazhab al-Syafi’I yang menyatakan bolehnya wakaf dalam bentuk uang.

Ketetapan tentang wakaf uang diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004. Peraturan Pemerintah ini mengatur tentang wakaf uang, termasuk di dalamnya perihal pengelolaan wakaf uang.

Keutamaan Wakaf Uang di Indonesia


Keutamaan Wakaf Uang di Indonesia

Tidak hanya pahala yang melimpah, banyak keutamaan wakaf lain yang Anda perlu tahu.

1. Pahala Besar


Salah satu keutamaan wakaf adalah mendapatkan pahala yang terus mengalir walau pemberi wakaf sudah meninggal dunia. Wakaf uang adalah amal jariyah yang manfaatnya bisa dinikmati banyak orang.

Bisa dibilang memberi wakaf akan memberikan keuntungan berlipat. Pahala didapat, kemaslahatan umat pun tercapai. Lalu apa keutamaan wakaf lainnya?

2. Gotong Royong Menyongsong Kemuliaan


Mungkin banyak orang berpendapat bahwa wakaf itu harus berupa tanah atau bangunan. Tentu hanya orang-orang yang sangat kaya yang bisa memberikannya.

Pendapat ini salah besar, karena wakaf bisa dilakukan dalam bentuk uang tunai. Artinya lebih banyak orang bisa ikut dalam Gerakan wakaf. Walau nominalnya kecil, semua bisa ambil bagian, gotong royong untuk menyongsong kemuliaan dengan mencapai kesejahteraan bersama.

3. Membangun Ekonomi Berbasis Syariah


Terbitnya undang-undang negara dan peraturan pemerintah Republik Indonesia tentang wakaf membuka luas perkembangan instrumen keuangan syariah. Sebut saja surat berharga syariah (sukuk) yang penjualan dan penempatan dananya bisa menambah perputaran uang dalam industri perbankan syariah.

4. Sumbangsih untuk Pembangunan


Semua tahu bahwa pembangunan infrastruktur menyedot dana besar. Wakaf dalam hal ini bisa dipakai sebagai modal untuk investasi di Surat Berharga Negara. Dengan ikut berwakaf uang, ternyata Anda bisa jadi salah satu penopang pembangunan nasional.

5. Membuat Aset Wakaf Terlantar Jadi Produktif


Ada banyak aset wakaf berupa tanah dan bangunan yang belum dikelola secara maksimal untuk kepentingan umat. Pengelolaan aset-aset ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karenanya, wakaf uang adalah salah satu solusi yang mampu memproduktifkan aset wakaf.

Mengenal WUBU (Wakaf Uang Berkah Umat)


Semakin lama, banyak kemudahan wakaf uang yang bisa dinikmati oleh pewakaf. Ada banyak lembaga sosial yang melengkapi layanannya dengan teknologi digital.

Sebut saja program WUBU (Wakaf Uang Berkah Umat) yang mendorong masyarakat berwakaf uang walau dimulai dari nominal yang kecil. Dana yang masuk nantinya dikumpulkan untuk diinvestasikan dalam bentuk Surat Berharga Syariah.

Kesimpulan


Wakaf uang adalah jenis wakaf yang mudah dilakukan oleh siapapun yang memberikan dampak luar biasa bagi umat. Anda bisa berpartisipasi dalam pembangunan nasional sambil terus meraup pahala dari wakaf yang Anda lakukan.

Ayo meluaskan manfaat dari wakaf dengan banyak berwakaf uang. Kunjungi situs bsimaslahat.org/wakaf untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai bagaimana wakaf uang ditunaikan.

Jangan ragu untuk selalu membagikan harta di jalan Allah. Program Wakaf Uang Berkah Umat adalah salah satu terobosan untuk mendorong lebih banyak pemberi wakaf uang tunai di negara ini.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar