Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Haid Tidak Teratur

Haid tidak teratur, berpengaruh tidak ya dengan kehamilan? Cara menghitung usia kehamilan biasanya menggunakan metode hari pertama haid terakhir atau yang biasa disingkat HPHT. Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui usia kehamilan pada wanita.

Jika anda mengalami hal tersebut, itu artinya anda harus mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan tanpa HPHT. Berikut penjelasan lengkapnya.

Ketahui Usia Kehamilan Meskipun Kondisi Haid Tidak Teratur


Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Haid Tidak Teratur

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengetahui apakah anda sedang dalam masa kehamilan atau tidak. Salah satunya dengan menggunakan testpack, yang bahkan bisa dengan mudah untuk mengetahui tanda hamil bagi haid tidak teratur.

Akan tetapi, penggunaan alat tersebut hanya untuk mengetahui kondisi kehamilan, tidak dengan usianya. Untuk mengetahui usia kehamilan itu sendiri, anda bisa menghitungnya menggunakan metode HPHT.

Namun terkadang seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur, entah siklus yang terlalu cepat di bawah 21 hari atau terlalu lama dengan siklus 35 hari keatas.

Atau bahkan siklus haid yang terpaut jauh, yang mana pada bulan ini wanita itu memiliki siklus haid 34 hari, padahal di bulan sebelumnya dia memiliki siklus haid 23 hari.

Dimana normalnya wanita akan mengalami haid setiap 21 sampai dengan 35 hari, dengan durasi 3 hari sampai 15 hari.

Kondisi tersebut pastinya membuat banyak wanita tidak mengetahui jika dirinya sedang dalam masa kehamilan. Sehingga usia kandungannya dan hari perkiraan lahir (PHL) tidak dapat dihitung menggunakan metode HPHT.

Jika anda termasuk wanita yang mengalami siklus tidak beraturan seperti ini, anda tidak perlu khawatir. Karena ini bukanlah hal yang baru dan sudah biasa terjadi.

Untuk mengetahui usia kehamilan, anda dapat menggunakan metode selain HPHT, seperti yang ada di bawah ini :

1. Mengingat pekan hari pertama haid terakhir


Cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur yang pertama adalah dengan mengingat-ingat pekan hari pertama haid terakhir anda.

Di saat anda memiliki siklus haid yang tidak beraturan, tentu untuk mengingat HPHT merupakan hal yang cukup sulit.

Namun, dengan mengetahui pekan hari pertama haid terakhir, dokter ataupun bidan yang menangani proses kehamilan anda, akan dapat memprediksikan kapan hari lahir sang buah hati.

2. Kalkulasi sederhana


Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan saat mengalami haid tidak teratur adalah dengan menggunakan kalkulasi sederhana ini.

Kalkulasi ini bisa anda gunakan jika siklus haid anda rata-rata terjadi pada hari ke 35. Yang dimana masa subur anda ada pada hari ke 21. Siklus haid paruh kedua, biasanya akan terjadi pada hari ke 14.

Kemudian, anda dapat mengurangi masa subur itu dengan 14. Sehingga mendapatkan HTHP, lalu dapat dijadikan masukan pada roda kehamilan untuk mendapatkan hari perkiraan lahir.

3. USG


Jika anda tidak dapat melakukan kedua hal diatas, anda dapat melakukan USG untuk mengetahui HPL sang buah hati.

USG ini dilakukan, agar dokter dapat mengetahui panjang janin dari satu sisi ke sisi lainnya atau yang dikenal sebagai CRL.

Ini merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh para dokter, jika pasiennya tidak mengingat hari pertama haid terakhirnya. Karena, merupakan cara yang paling akurat untuk mengetahui usia kehamilan di trimester awal.

3 Bahan Alami Pelancar Haid Tidak Teratur


Penyebab haid tidak teratur tanggalnya, adalah karena turunnya berat badan secara drastis sebab diet, berat badan berlebih atau obesitas, juga karena olahraga yang berlebihan.

Itu semua menyebabkan hipogonadisme, dimana hormon reproduksi, yang bertugas mengatur siklus haid anda berkurang.

Untuk anda yang memiliki siklus haid tidak beraturan dan ingin menjadikannya normal kembali, anda dapat mencoba obat siklus haid tidak beraturan yang terbuat dari bahan alami, seperti di bawah ini.

Jeruk nipis


Mengatasi haid tidak teratur dengan jeruk nipis, menjadi hal yang sering dilakukan di tengah masyarakat. Ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam jeruk nipis, dapat membuat haid datang tepat pada waktunya.

Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan 3 sdm jeruk nipis, dengan setengah gelas air hangat.

Minum ini tiga kali sehari, atau satu kali per harinya jika anda memiliki masalah pencernaan. Anda juga dapat menambahkan madu jika ingin, agar tidak terlalu asam.

Susu dengan kayu manis


Selain dapat memberikan cita rasa yang lezat pada makanan, kayu manis juga dapat menyeimbangkan hormon anda. Dengan begitu, siklus haid anda akan teratur setiap bulannya.

Untuk membuat susu berkhasiat ini, anda hanya perlu memanaskan susu di atas kompor, lalu tambahkan sedikit kayu manis sekitar ½ sendok teh. Demi hasil yang maksimal, anda dapat meminumnya selama seminggu.

Rebusan ketumbar


Sifat emmenagogue yang ada pada ketumbar sangatlah aktif, sifat ini lah yang dapat mengurangi keterlambatan pada siklus haid anda.

Cara membuatnya juga tidaklah sulit, karena, hanya perlu merebus ketumbar sampai air dalam panci sudah setengah menyusut.

Sebenarnya ada berbagai macam obat herbal lainnya yang dapat membantu melancarkan haid anda, namun ketiga bahan di atas merupakan yang paling mudah untuk ditemui.

Anda tidak perlu khawatir jika sedang dalam keadaan hamil, namun tidak mengetahui usia kandungan disebabkan haid tidak lancar. Karena ada berbagai cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahuinya.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar