Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Disbursement : Definisi, Jenis, Manfaat dan Contoh

Istilah disbursement tentu sudah merupakan hal yang tidak asing lagi bagi banyak orang seiring dengan semakin maraknya online shop dan juga pembayaran digital di dunia ini, khususnya Indonesia.

Sebab, disbursement dapat diartikan sebagai alat pembayaran yang dekat kaitannya dengan bisnis online dan berbagai aktivitas keuangan beberapa tahun terakhir ini.

Namun jika Anda belum pernah mendengar istilah tersebut, jangan khawatir sebab semua informasi mengenai disbursement akan dijelaskan dengan rinci pada artikel ini!

Pengertian Disbursement


Disbursement adalah istilah keuangan yang biasa digunakan dalam dunia akuntansi dan bisnis yang berhubungan dengan alat pembayaran ataupun pengeluaran.

Namun dalam praktiknya, disbursement juga diterapkan untuk pengiriman dan pencairan dana dari rekening bank pada umumnya.

Selain itu, uang yang Anda anggarkan lalu kemudian langsung dibayarkan kepada pihak perantara juga disebut sebagai disbursement. Jadi dalam bisnis, istilah ini seringkali digunakan sebagai bagian dari arus kas dalam catatan pengeluaran.

Jenis Disbursement


Jenis Disbursement

Agar semakin mudah untuk dipahami, dalam kegiatan bisnis dikenal tiga jenis disbursement untuk mempermudah operasional usaha Anda.

Hal tersebut tentu akan hadir dalam berbagai kegiatan bisnis baik itu pengeluaran, pencatatan hingga pembukuan dana yang merangkum arus kas milik Anda. Berikut adalah tiga jenis disbursement yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Cash Receipt Journal


Cash Receipt Journal merupakan salah satu dari jenis disbursement yang merupakan sebuah pencatatan mengenai segala kegiatan pembayaran dalam bentuk tunai.

Beberapa contoh dari Cash Receipt Journal ini mulai dari dividen, adanya penerimaan kas dan juga penerimaan bunga.

2. Cash Disbursement Journal


Sedangkan Cash Disbursement Journal merupakan kegiatan yang dapat membantu untuk merekam dan mencatat pembayaran tunai yang dilakukan.

Perlu diketahui bahwa pencatatan ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau layanan digital yang telah disediakan oleh pihak perusahaan.

3. Cash Disbursement


Cash Disbursement adalah istilah untuk transaksi yang menggunakan bentuk pembayaran tunai untuk melunasi tagihan Anda.

Tujuan adanya Cash Disbursement ini yaitu tentu untuk membantu mempersingkat proses transaksi.

Kegiatan yang satu ini umumnya dilakukan untuk nominal yang minim dan dapat diambil lewat dana yang masih tersedia di dalam kas.

Manfaat Disbursement


Banyaknya jenis dan kegiatan yang dapat dilakukan oleh disbursement tentu membuatnya memiliki berbagai macam manfaat yang perlu diperhitungkan. Beberapa manfaat disbursement dalam kegiatan bisnis ini antara lain adalah:

1. Mempermudah Proses Transaksi yang Lebih Praktis dan Cepat


Dalam sebuah bisnis, tentu akan terjadi banyak proses transaksi baik itu antara penjual dan pembeli ataupun antara perusahaan dengan vendor.

Hal ini sudah pasti sulit dilakukan secara manual, karena rentan terjadi kesalahan fatal dalam proses rekapnya dan membuang-buang waktu.

Karena itulah hadirnya sistem digital seperti Midtrans untuk menangani disbursement mulai digunakan oleh banyak bisnis dan perusahaan.

Sebab, disbursement ini mampu untuk membantu mengirimkan uang ke lebih dari satu akun bank berbeda-beda dalam satu waktu sekaligus. Tentu hal ini akan membuat proses transaksi menjadi lebih cepat, praktis dan mudah.

2. Proses Audit Menjadi Lebih Transparan


Selanjutnya, adanya disbursement juga dapat membantu proses audit menjadi lebih mudah karena data yang ditampilkan sangat transparan dan real time.

Sebab, seluruh catatan transaksi yang pernah dilakukan sudah terinput rapi di dalam dashboard.

3. Terjamin Aman


Kabar baiknya, disbursement juga dapat menjamin keamanan saat bertransaksi sehingga akan membuat Anda menjadi jauh lebih nyaman.

Selain itu, Anda juga bisa memantau dengan detail kemana anggaran dialokasikan sehingga penyalahgunaan dana usaha dapat dicegah.

Jika Anda mencari platform disbursement yang menjamin keamanan saat bertransaksi, maka Midtrans patut menjadi pertimbangan paling utama.

Sebab, Midtrans sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni mulai dari adanya autentikasi dua faktor dan juga One-Time Password (OTP) saat memasukkan nomor rekening tujuan.

Hal ini tentu akan meminimalisir resiko salah kirim ataupun adanya transaksi palsu dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Contoh Disbursement dalam Kegiatan Bisnis


Saat menjalankan suatu bisnis atau usaha, kegiatan disbursement tentu menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa kegiatan disbursement yang ternyata sudah Anda lakukan, yaitu:

1. Penggajian (Payroll)


Salah satu kegiatan disbursement dalam sebuah bisnis atau usaha yaitu adalah pembayaran gaji karyawan (payroll).

Saat ini, payroll jarang sekali dilakukan secara manual karena dinilai tidak praktis dan menghabiskan banyak waktu serta resiko kesalahan yang tinggi.

Salah satu platform disbursement yang dapat Anda pilih karena menyediakan berbagai layanan termasuk diantaranya adalah Payroll, yaitu Midtrans.

Sebab Mistrans hadir untuk digunakan dalam berbagai jenis kebutuhan untuk pengiriman dana dalam waktu yang sangat cepat ke banyak rekening akun secara bersamaan.

2. Refund atau Pengembalian Dana


Salah satu contoh kegiatan disbursement lainnya yang mungkin sudah pernah Anda lakukan yaitu adalah refund atau pengembalian dana baik kepada customer ataupun karyawan.

Tentu refund menggunakan cara manual akan sangat memakan waktu dan tidak efektif untuk dilakukan kepada puluhan atau ratusan orang secara bersamaan.

Karena itulah, adanya platform disbursement seperti Midtrans dapat membantu Anda untuk melakukan transaksi refund kepada banyak orang, dengan nominal yang berbeda hanya dalam waktu yang sangat cepat.

Jadi jika Anda sedang mencari platform disbursement yang menghadirkan berbagai macam manfaat untuk menunjang kebutuhan bisnis, maka Midtrans dapat menjadi solusinya!
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar