Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Manfaat Sistem Point of Sale (POS) untuk Retail

Dalam bisnis retail, sistem Point of Sale (POS) dibutuhkan untuk meningkatkan bisnis yang sedang dijalankan. Teknologi yang digunakan sudah maju, sehingga memudahkan pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Sistem kerjanya bisa menggantikan cara konvensional yang dinilai lebih lambat.

Manfaat Sistem Point of Sale


Manfaat Sistem Point of Sale (POS) untuk Retail

Sistem Point of Sale (POS) adalah sistem yang didesain dengan teknologi mutakhir untuk memudahkan proses transaksi jual beli, terutama pembelian. 

Dengan menggunakan sistem POS, transaksi jadi lebih mudah dan keuntungan bisnis pun semakin meningkat. Manfaat lainnya yang dirasakan dari kehadiran sistem POS ini diantaranya :

1. Menghasilkan Laporan Penjualan yang Lengkap


Sistem POS punya data lengkap yang bisa diisi oleh pebisnis secara real time. Laporan pun jadi tertata dan lengkap, seperti laporan jumlah produk yang sudah terjual, laporan produk yang terlaris, laporan keuntungan penjualan dan masih banyak lagi. 

Pengisian dilakukan otomatis sehingga meminimalisir human error. Laporan pun jadi lebih akurat dan terpercaya

2. Memudahkan dan Mempercepat Proses Pengembalian Barang


Ketika ada klien yang membatalkan transaksi dan mengembalikan barang, maka sistem POS dapat membantu menambahkan jumlah produk yang sudah dikembalikan tadi. Proses pengembalian barang pun jadi lebih mudah dan tak perlu dilakukan secara konvensional.

Sistem POS yang dijalankan dengan baik akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Karena fast respon dalam menanggapi keluhan pelanggan. 

Bisa jadi pelanggan yang mengembalikan barang akan tetap menjadi pelanggan setia, karena keluhannya direspon baik. Sehingga pelanggan tetap membeli barang di lain waktu.

3. Meningkatkan Keamanan Data Pelanggan


Sistem POS memberikan tingkat keamanan data yang tinggi melalui Cloud. Sistem ini memungkinkan pemilik bisnis untuk memantau data saat offline. 

Data pelanggan bisa dilihat dari perangkat elektronik manapun. Jadi bukan di satu komputer saja. Pemilik bisnis bisa membuka laporan di handphone, tablet atau laptop di manapun dan kapan pun.

Data pelanggan jadi lebih aman karena risiko komputer terkena virus jadi kecil. Data bisa disinkronkan lagi saat kita online. Asalkan ada internet, data pelanggan bisa dilihat di perangkat apapun yang kita punya.

4. Memudahkan Pengelolaan Barang di Beberapa Toko


Punya cabang toko lebih dari satu. Sistem POS bisa digunakan untuk memantau bisnis dari beberapa toko yang berbeda hanya dari satu sistem saja. Misal toko cabang A kekurangan stok barang tertentu. 

Kita bisa mengetahuinya dengan melihat dari sistem POS, sehingga dapat mengisi kekurangan stok barang dengan mengambilkannya dari toko lain yang masih punya stok barang.

Tak perlu capek dan repot untuk datang ke toko cabang demi bisa mengecek jumlah stok barang kan. Semua bisa dipantau dari satu tempat saja. Sistem POS benar-benar memudahkan pengelolaan barang di beberapa cabang toko.

5. Memberikan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik


Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan jadi berkesan. Sistem POS membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari dengan mudah dan cepat hanya dalam hitungan detik. 

Kecepatan ini tentu saja memuaskan pelanggan. Belum lagi jika pelayanannya juga ramah, sehingga membuat pelanggan betah berbelanja dan bahkan bisa merekomendasikan ke orang lain.

Pemilik bisnis bisa membuat kios self service yang ditujukan agar pelanggan bisa menemukan barang yang mereka cari sendiri. Atau bisa juga menggunakan toko online yang dihubungkan dengan e commerce, sehingga pelanggan dapat menemukan barang yang dicari dengan cepat dan mudah.

Program Toko Ipos 5


Program Toko Ipos 5 merupakan software penjualan dengan banyak fitur menarik di dalamnya. Tak perlu menguasai IT atau akuntansi untuk memahami laporan penjualan. Program Toko Ipos 5 hadir untuk membantu pemilik usaha yang tidak paham IT dan akuntansi agar tetap bisa mengolah tokonya dengan lebih mudah dan canggih.

Ipos 5 bisa digunakan di komputer berbasis windows dan sistem Android, bisa PC, laptop, LAN, sampai SMS dan USB dongle. Ada tiga varian program toko Ipos 5 yang digunakan di bisnis retail, yaitu :

1. Program Toko Ipos 5 Standar


Program toko Ipos 5 standar yaitu program toko Ipos 5 yang didesain dengan sederhana, biasanya diperuntukkan untuk toko yang tidak memerlukan fasilitas akunting, seperti toko eceran, semi grosir dan grosir. 1 lisensi bisa digunakan untuk aktivasi 1 server ditambah 4 device milik client.

2. Program Toko Ipos 5 Profesional


Program toko Ipos 5 profesional memiliki fitur akunting yang lebih lengkap, seperti cetak noda, transaksi pembelian, transaksi penjualan, stok barang, hutang piutang, jurnal harian dan lain-lain. Laporannya jauh lebih lengkap daripada program toko Ipos 5 standard, sehingga Ipos 5 ini cocok digunakan oleh toko yang membutuhkan detail laporan yang lebih akurat.

Ada dua lisensi dalam program toko Ipos 5 profesional yang bisa digunakan. Satu ipos 5 menggunakan serial number dan satunya lagi menggunakan USB dongle.

3. Program Toko Ipos 5 Ultimate


Program Toko Ipos 5 ultimate adalah versi lengkap dari program toko Ipos 5 profesional. Fitur tambahannya meliputi konsinyasi masuk dan keluar dan input komposisi biaya dan juga perakitan. Ipos 5 jenis bisa diakses menggunakan Ipos 5 mobile.

Itu dia manfaat Ipos 5 dalam bisnis retail. Menggunakan Ipos 5 memungkinkan bisnis semakin maju karena dijalankan dengan teknologi yang semakin canggih.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar