Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Tips Investasi Saham untuk Pemula Supaya Cuan

Tips Investasi Saham - Investasi saham untuk pemula, memangnya ada? Tentu saja ada. Namun investasi pemula yang paling populer biasanya adalah logam mulia, lalu tanah dan juga properti. 

Belakangan ini, para pemula juga ingin melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan besar di masa depan mereka kelak. Bahkan tak sedikit juga para pemula yang tertarik untuk menjajal investasi saham, konon keuntungan yang akan didapatkan sangat menjanjikan.

Tips Investasi Saham untuk Pemula


Tips Investasi Saham untuk Pemula Supaya Cuan

Sebelum terjun sepenuhnya ke dunia saham yang tidak mudah, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai beberapa macam tips berinvestasi bagi para pemula supaya langsung cuam dan dapat keuntungannya:

1. Jangan investasikan semua modal dalam satu tempat


Istilahnya, jangan meletakkan telur di satu tempat yang sama. Jadi ketika tempatnya jatuh, semua telur yang Anda miliki akan pecah berantakan.

Begitu pula saat berinvenstasi, jangan sampai memasukkan semua modal yang Anda miliki untuk satu jenis investasi. Bagusnya Anda mengaloksikan dana kepada beberapa investasi yang ada.

Jadi diversifikasi yang sedang dilakukan ini bisa membantu Anda supaya tetap terlindungi. Jadi, saat salah satu investasi Anda nilainya sedang mengalami penurunan, maka Anda bisa tetap untung dari investasi lainnya yang lain.

Akhirnya saat Anda sedang membutuhkan uang, bisa memilih untuk cairkan yang sudah jelas imbal hasil positifnya.

Bila Anda melakukan diversifikasi, maka kelak Anda bisa mendapatkan keuntungan yang optimal, sekaligus juga meminimalisir terjadinya risiko pasar yang cukup memeras keringat. 

Dengan diversifikasi, maka aset Anda bisa terjaga stabilitasnya.

2. Harus Selalu Berkomitmen Kuat Dalam Diri


Anda harus tahu jika investasi saham bukan selalu tentang seberapa mahir Anda, akan tetapi juga penting sekali untuk terus memiliki semangat yang tinggi, sehingga konsisten bisa Anda laksanakan. 

Sama halnya jika melihat proses menanam benih, jadi perlu disiram setiap hari dan dirawat dengan baik, kemudian benihnya dapat tumbuh jadi sebuah tunas kecil, lalu bertumbuh makin tinggi dan makin besar, hingga akhirnya bisa berbuah dan panen.

Semua itu tidak akan Anda dapatkan dalam waktu satu malam saja, selalu ada proses yang harus Anda lalui.

Itu juga yang harus Anda terapkan dalam investasi saham, sabar dan konsisten menjadi kunci dalam mempelajari semua jenis saham yang telah dipilih, lalu beli sahamnya dan pantau gerakannya dengan sungguh-sungguh.

Sebelumnya juga harus menentukan jangka waktu investasi yang akan Anda lakukan. Untuk pemula seperti Anda, baiknya pilih investasi jangka panjang untuk berbagai saham dengan kapitasi besar, yang mana kinerjanya sudah stabil dan tidak naik turun.

Umumnya, Anda akan memanen buah dari bibit investasi yang Anda tanam akan dirasakan beberapa tahun ke depan, melalui pembagian bagi para pemegang saham juga capital gain yang akan diperoleh saat Anda menjual saham.

3. Jangan Asal Beli


Pernah mendengar pepatah jangan membeli kucing dalam karung? Itulah pepatah yang tepat bagi Anda yang ingin belajar investasi saham bagi pemula.

Sebab investasi bukanlah tebak-tebakan, sama halnya seperti saat Anda ingin membangun bisnis mulai dari nol, maka wajib untuk melakukan riset yang mendalam, melihat potensi bisnis yang diincar apakah makin bagus dari masa ke masa atau hanya dalam waktu sesaat saja? 

Anda bisa memperkirakan kinerja sebuah perusahaan di masa yang akan datang, lewat pergerakan sahamnya itu sendiri.

Jangan sampai membeli saham karena ikut-ikutan atau latah, lebih baik pelajari dulu sepak terjang perusahaan yang Anda incar, lihat juga seperti apa kinerja keuangannya untuk beberapa tahun belakangan.

Apabila ternyata pengelolaan perusahaannya profesional, maka likuiditas sahamnya juga pasti terjaga dengan baik, Anda tak perlu merasa ragu untuk menginvestasikan modal Anda dalam saham dari perusahaan itu.

Jauh lebih dianjurkan untuk membeli saham perusahaan sehat yang miliki nilai ekuitas lebih banyak dibandingkan dengan nilai utangnya.

Itulah dia beberapa tips investasi saham untuk pemula yang pasti untung. Intinya adalah mempelajari seluk beluk invstasi saham terlebih dahulu. Selain itu jangan sampai mudah tergiur dengan kisah sukses orang lain, termotivasi boleh namun pastikan Anda mempelajarinya terlebih dahulu sampai paham betul.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar