Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

6 Daftar Buah-Buahan Tinggi Serat

PayungTeduh.net - Buah-buahan adalah makanan yang bisa membantu tubuh untuk metabolisme yang lebih lancar, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, dan membantu untuk menurunkan berat badan karena bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Buah tinggi serat memang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan, sebab serat membuat perut merasa lebih kenyang dan menghindarkan dari rasa lapar serta ingin mengemil. 

Bukan hanya itu, buah dengan serat yang tinggi mampu untuk membuat jantung tetap sehat. Tidak ada alasan untuk menolak mengonsumsi buah segar, sebab di sekitar rumah pun bisa didapatkan dengan mudah dan harganya juga terjangkau jika produk tani lokal. 

Daftar Buah-Buahan Tinggi Serat


Daftar Buah-Buahan Tinggi Serat

Apa saja buah tinggi serat yang bisa membantu untuk menjaga berat badan sekaligus menjaga kesehatan jantung?

1. Buah Apel

Buah pertama yang diketahui memiliki banyak serat adalah buah apel. Dalam satu butir buah apel mengandung sebanyak 4,4 gram serat, loh. 

Bahkan di dalam buah apel ada pektin, yang mana bisa menyerap kolesterol jahat dan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal. Cocok sekali untuk cemilan sehat para penderita kolesterol tinggi.

2. Buah Alpukat

Siapa yang tak tahu buah alpukat? Yang tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga identik untuk perawatan kecantikan kulit.

Buah yang satu ini juga terkenal sebagai buah yang kaya serat, juga bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Berkat kandungan lemak tak jenuh di dalamnya, maka kesehatan jantung pun akan terjaga. Buah alpukat bisa dikonsumsi secara langsung, rasanya gurih dan lembut. Namun jika ingin lebih berasa, bisa ditambahkan madu, atau susu. 

3. Buah Pisang

Bukan hanya buah-buahan yang telah disebutkan di atas, buah pisang juga memiliki serat yang terbilang tinggi. Di dalam satu buah pisang yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, diketahui mengandung 3,1 gram serat. 

Pisang bisa dikonsumsi langsung, atau dibuat smoothie dan aneka olahan pisang yang lezat lainnya. 

4. Buah Jambu Biji Merah

Buah yang satu ini umumnya digunakan untuk membuat rujak, atau untuk menambah trombosit. Dalam buah yang menyegarkan ini kadar kalorinya rendah, cocok untuk yang sedang diet dan memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. 

Kandungan serat dalam jambu biji merah ini adalah 7.3 gram serat dalam setiap 100 gram daging buahnya saja.

5. Buah Pir

Buah pir sangat menyegarkan, memiliki tekstur yang kurang lebih mirip dengan apel hanya lebih renyah. Dengan kadar air yang lebih tinggi, buah pir mengandung serat sebanyak 3,1 gram per 100 gram pir. 

Cuci bersih buah pir dengan air mengalir, supaya bisa dikonsumsi langsung dengan kulitnya untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi. 

6. Buah Stroberi

Per ons stroberi memiliki kadar serat sampai 2 gram. Yang membuat stroberi makin istimewa adalah kalori dan kandungan lemaknyanya juga rendah. 

Bagi yang sedang berusaha untuk mengurangi berat badan, bisa mengonsumsi stoberi sebagai cemilan yang sehat. Buah tinggi serat yang satu ini pas sekali jika dibuat jus bersama wortel dan sedikit madu.   

Itulah dia beberapa daftar buah tinggi serat yang sayang sekali jika dilewatkan. Anda bisa membelinya di pasar untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Cuci bersih lalu simpan di dalam lemari es, untuk stok. Tidak hanya bisa dikonsumi secara langsung, namun juga bisa diolah menjadi berbagai santapan lezat lainnya, misal menjadi jus dan smoothie, campuran pudding, salad buah dan masih banyak lagi.

Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar