Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

4 Cara Alami dan Cepat Mengatasi Luka Bakar Knalpot

Terkena knalpot merupakan salah satu risiko yang mungkin Anda alami saat berkendara. Luka karena knalpot akan meninggalkan luka bakar dari derajat ringan hingga sedang. Namun janganlah sekali-kali memberikan oli ataupun pasta gigi, pengobatan tersebut tidak direkomendasikan oleh tenaga medis termasuk Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Seruyan.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Seruyan dan tenaga medis menegaskan pemberian oli atau pasta gigi justru berpotensi memperburuk luka bakar. Lalu bagaimana cara mengatasi luka bakar secara alami? Simak penjelasan lengkapnya!

Pertolongan Pertama Luka Bakar Knalpot


Cara Alami dan Cepat Mengatasi Luka Bakar Knalpot

Luka bakar akibat knalpot umumnya dikategorikan sebagai jenis luka bakar derajat 2, atau luka bakar sedang. Pada kategori ini luka bakar menembus hingga jaringan dalam kulit dan menyebabkan nyeri, sakit, bengkak, dan kulit melepuh.

Karenanya cara mengobati luka kena knalpot yang tepat penting untuk diketahui agar luka bakar tidak menimbulkan efek yang lebih serius.

Langkah-langkah berikut dapat Anda lakukan sebagai tindakan pertolongan pertama pada luka knalpot:

1. Mengalirkan Air Dingin pada Luka


Langkah pertama yang dapat Anda lakukan saat terkena knalpot adalah mengalirkan air pada luka bakar. Aliri luka bakar sekitar 15-20 menit. Tujuannya adalah untuk memberikan efek tenang serta mencegah panas merusak jaringan kulit yang lebih dalam.
 

2. Bersihkan Luka dengan Antiseptik


Selanjutnya, basuhlah luka dengan cairan antiseptik untuk mencegah resiko infeksi karena luka terpapar oleh kuman atau bakteri.

3. Oleskan Salep Luka Bakar


Kemudian Anda dapat mengaplikasikan salep luka bakar untuk membantu proses penyembuhan. Cara mengobati luka terkena knalpot dengan salep luka bakar akan membantu proses regenerasi kulit.

Pilihlah salep yang mengandung bahan alami seperti rimpang Coptidis (Coptidis rhizome), batang Phellodendri (Phellodendri chinensis), akar Scutellariae (Scutellariae radix), dan minyak wijen. Berdasarkan https://pafiseruyan.org/ bahan-bahan alami tersebut mampu menjaga kelembaban pada kulit yang terbakar.

4. Balut dengan Kasa Steril


Hindari luka dari paparan langsung dengan sinar matahari serta gesekan dengan menggunakan kasa steril. Rawatlah luka dengan mengganti kasa steril secara rutin dua kali sehari hingga luka Anda membaik.

Cara Alami Mengatasi Luka Bakar Knalpot


Selain melakukan langkah pertolongan pertama di atas, Anda pun dapat memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi luka bakar knalpot. Obat luka bakar alami ini tidak hanya mudah ditemukan namun dinilai efektif dalam menyembuhkan luka bakar knalpot.

1. Menggunakan Lidah Buaya


Selain kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk regenerasi kulit, lidah buaya memiliki kandungan anti radang dan anti bakteri. Kandungan tersebut memberikan sensasi dingin dan mampu meredakan rasa sakit, serta mencegah lecet dan terbentuknya jaringan parut.

2. Madu


Luka bakar dengan derajat ringan dapat diatasi dengan menggunakan madu. Selain itu, madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan.

3. Susu


Kandungan lemak dan protein pada susu mampu memberikan efek tenang pada luka bakar. Tak hanya efek tenang, kedua kandungan tersebut dapat mempercepat penyembuhan luka bakar dan memperbaiki struktur jaringan kulit sehingga susu menjadi bahan ampuh sebagai cara menghilangkan bekas knalpot.

4. Teh Hitam


Kompres luka bakar dengan teh hitam. Kandungan asam tanat pada teh hitam mampu memberikan efek menenangkan dan menghadirkan sensasi dingin pada luka bakar.

Luka bakar akibat knalpot harus ditangani secara tepat, Anda pun dapat memanfaatkan bahan alami untuk mengobati luka bakar. Bahan alami memiliki kandungan aktif yang dipastikan aman dan efektif untuk mengobati luka bakar ringan https://pafiseruyan.org/.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar