Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Konseling Karyawan: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya

Sudahkah Anda menyadari bahwa konseling karyawan adalah salah satu kebutuhan bagi karyawan masa kini? Apa yang membuatnya menjadi penting?

Karyawan adalah aset utama bagi perusahaan. Tanpa karyawan, tentu perusahaan tidak bisa berjalan bukan? Oleh karena itu, layanan konseling bagi karyawan mulai dihadirkan oleh banyak perusahaan, salah satunya adalah Telkom Indonesia.

Agar pemahaman Anda tentang layanan yang satu ini semakin mendalam, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan singkat ini hingga kalimat terakhir. Selamat membaca, ya!
 

Pengertian Konseling Karyawan


Konseling karyawan pada dasarnya bukanlah suatu hal yang baru di Indonesia. Di perusahaan-perusahaan besar, layanan ini sudah tersedia dan dimanfaatkan dengan baik oleh karyawan.

Secara umum, pengertian employee counseling adalah layanan konsultasi yang dapat digunakan oleh karyawan untuk berbagi cerita tentang permasalahan hidup. Mekanismenya pun kurang lebih sama seperti konsultasi pada umumnya.

Namun Anda jangan beranggapan bahwa layanan ini sama halnya dengan yang berlaku di lingkup psikiatri. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa employee counseling adalah ruang bercerita yang aman bagi karyawan.

Masalah apa saja yang dapat dituangkan dalam konseling karyawan di perusahaan? Tentunya bervariasi. Mulai dari permasalahan dalam pekerjaan hingga ranah pribadi, semuanya dapat dikonsultasikan.

Saat berkonsultasi, karyawan akan dipandu untuk menguraikan masalah hingga menemukan akarnya. Lalu dibimbing untuk menemukan jalan keluar permasalahan agar tidak membebani pikiran lagi.

Fungsi Konseling Karyawan


Konseling Karyawan: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya

Setelah memahami pengertian employee counseling, kini saatnya bagi Anda untuk memahami fungsinya. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mendukung Kinerja Karyawan


Ketika karyawan terbenam dalam permasalahannya, tentu akan mempengaruhi performa kerja. Oleh karena itu, employee counseling adalah salah satu cara jitu untuk mendukung kinerja karyawan.

Apabila masalah memenuhi benak atau pikiran sudah terselesaikan, karyawan dapat fokus kembali pada pekerjaan dan memberikan performa yang gemilang.

2. Mendukung Pengambilan Keputusan


Dengan adanya layanan konseling, perusahaan dapat mendeteksi masalah-masalah yang berpotensi mengganggu operasional perusahaan. Contohnya yakni konseling karyawan bermasalah.

Dengan sesi konseling tersebut, perusahaan dapat mengetahui perilaku karyawan dan mengambil tindakan preventif agar tidak berulang pada karyawan lainnya.

3. Mendukung Retensi Karyawan


Layanan konseling juga berfungsi untuk menekan angka turnover (pergantian) karyawan. Contohnya yakni dengan adanya konseling karir, karyawan mengurungkan niatnya untuk mengundurkan diri.

Adapun pengertian konseling karir adalah konsultasi yang ditujukan untuk membantu karyawan dalam merancang jenjang karirnya. Konseling ini termasuk hal dasar yang diperlukan karyawan, khususnya pada entry level.

4. Merekatkan Tim dan Meningkatkan Kerjasama


Konseling tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh perseorangan saja, melainkan tim. Contoh konseling karyawan seperti ini adalah suatu divisi yang belum memberikan performa terbaik, lalu memanfaatkan layanan konseling.

Dalam sesi konsultasi, masing-masing anggota tim belajar untuk meregulasi emosi dan memahami perilaku antar anggota. Dengan demikian, anggota tim dapat saling terbuka dan kolaborasi semakin meningkat.

Mengapa Konseling Karyawan Penting?


Employee counseling adalah suatu layanan yang penting dihadirkan untuk karyawan. Oleh karena itu, wajar halnya jika sudah banyak perusahaan besar yang menghadirkan layanan ini di area kerja.

Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan BUMN terkemuka memahami betul pentingnya layanan ini. Terlebih sebagai perusahaan nasional, tentunya sangat menghargai keberadaan karyawan sebagai aset utama perusahaan.

Lantas, mengapa layanan yang satu ini menjadi penting dan harus disediakan oleh perusahaan? Apa yang akan terjadi jika layanan ini tidak disediakan?

Pada dasarnya, karyawan adalah manusia pada umumnya. Masing-masing memiliki lika-liku kehidupan yang berbeda dengan segala dinamikanya.

Layanan konseling adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menekan stres karyawan. Di samping itu, konseling juga dapat mencegah konflik di dalam perusahaan.

Oleh karena itu, layanan konseling untuk karyawan merupakan cara yang patut ditempuh untuk menjaga stabilitas perusahaan. Apabila karyawan happy (bahagia), maka pekerjaan pun tidak perlu worry (cemas).

Bagaimana? Konseling karyawan tidak bisa dipandang sebelah mata bukan? Dengan berbagai fungsi berikut peran pentingnya bagi perusahaan, kiranya konseling ini bisa hadir di seluruh perusahaan Indonesia.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar