Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang pada Anak

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga sering mengalami masalah gigi berlubang. Hal ini tentu membuat mereka merasakan sakit yang tidak nyaman sehingga mudah rewel bahkan hingga suhu tubuh naik selama beberapa hari. Belum lagi jika anak menjadi susah makan dan tidur, orang tua tentu akan menjadi ikut pusing menyikapinya.

Umumnya sakit gigi disebabkan karena anak kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut setelah mengkonsumsi makanan yang manis dan berserat. Bakteri yang menumpuk di area gigi dan gusi akan mengubah zat gula menjadi zat asam sehingga merusak lapisan email gigi. Lapisan email gigi yang rusak ini jika dibiarkan lama kelamaan membuat gigi menjadi berlubang dan kehitaman.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang pada Anak

Untuk kondisi yang lebih parah, anak akan merasakan nyeri hingga berdenyut, gusi menjadi bengkak, dan rasa sakit di daerah kepala. Ini membuat anak menjadi terbatas aktivitasnya. Selain memberikan obat sakit gigi anak paling ampuh dan tidak kambuh lagi, Anda juga harus memperhatikan berbagai hal salah satunya jenis pasta gigi yang dipakai anak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi keluhan dan mengobati sakit gigi berlubang pada anak:

Kompres Gigi yang Bengkak dengan Es Batu


Cara mengobati sakit gigi pada anak yang pertama adalah dengan mengompres gigi maupun daerah gusi yang bengkak dengan es batu. Kompresan ini terbukti efektif untuk mengurangi efek bengkak pada pipi anak Anda.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk penanganan pertama saat anak sedang rewel-rewelnya. Cukup dengan membungkus es batu dengan handuk dan tempelkan handuk dingin ini ke daerah yang dirasa nyeri.

Rutin Berkumur dengan Air Garam


Jika anak sudah bisa berkumur, air garam bisa menjadi obat sakit gigi untuk anak usia 5 tahun. Anda dapat menyuruh anak untuk berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam, agar lebih nyaman di mulut. Cara ini bertujuan untuk mengangkat kotoran-kotoran yang nyangkut di sela-sela gigi sehingga mengurangi rasa nyeri.

Gunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengurangi Rasa Nyeri


Mengobati sakit gigi pada anak juga bisa menggunakan bahan alami seperti minyak cengkeh. Minyak cengkeh diketahui memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat dengan cepat melawan berbagai penyebab sakit gigi pada anak.

Caranya cukup teteskan minyak cengkeh ke kapas dan oleskan ke area gigi yang sakit. Tunggu hingga beberapa saat agar memperoleh hasil yang maksimal.

Berikan Perasan Jeruk Nipis


Selain untuk kecantikan dan bahan masakan, ternyata cara mengobati sakit gigi pada anak bisa dengan jeruk nipis juga. Rasa asam menunjukan kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi yang justru dapat meredakan sakit gigi anak Anda.

Caranya cukup mudah dengan meletakkan potongan kecil jeruk nipis pada gigi anak yang sakit. Diamkan selama beberapa saat dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

Berikan Obat Pereda Nyeri


Saat ini di apotik banyak menjual obat sakit gigi, namun untuk amannya Anda tetap perlu memeriksakan anak ke dokter spesialis gigi sehingga mendapatkan resep yang jelas. Umumnya obat sakit gigi mengandung pereda nyeri untuk tubuh. Jadi cara terakhir ini biasanya lebih efektif untuk berbagai keluhan lain yang dirasakan anak.

Itulah berbagai cara mengobati sakit gigi berlubang pada anak. Namun tentunya akan lebih baik untuk menghindari daripada mengobati. Jadi kedepannya pastikan anak merawat gigi dengan baik, setidaknya dengan menggosok gigi 2x dalam sehari secara rutin.

Selain itu gunakan pasta gigi yang memiliki fluoride cukup untuk menggantikan mineral pada gigi anak. Untuk rasa manis favorit anak, pasta gigi Pepsodent saat ini memiliki varian baru yaitu sweet strawberry dengan formula khusus untuk gigi susu anak.

Jadi demi kebaikan anak jangan sampai salah pilih ya! Pepsodent anak menjadi pilihan banyak keluarga karena busanya yang cenderung lebih sedikit dan dapat dipakai untuk usia anak kurang dari 2 tahun sehingga aman jika tertelan.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar