Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Cara Agar Jualan Online Laris di Whatsapp

Kini, media sosial tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai wadah untuk transaksi jual beli dan promosi barang atau jasa. Salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah berbisnis, yakni Whatsapp.

Layaknya pelaku bisnis, Anda bisa memanfaatkan media sosial Whatsapp sebagai toko online gratis yang mampu menunjang bisnis Anda. Hal itu didukung pula dengan banyaknya pelaku bisnis yang memanfaatkan Whatsapp karena penghasilan dan penghematan melonjak secara berbarengan.

Namun, tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui strategi promosi yang baik dan benar agar penjualannya laris di Whatsapp. Lantas, bagaimana cara jualan online laris di Whatsapp? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara agar Jualan Online Laris di Whatsapp


Cara agar Jualan Online Laris di Whatsapp

Sebelum mempelajari cara agar jualan online laris di Whatsapp, Anda perlu mempersiapkan Whatsapp Bisnis. Aplikasi tersebut tentu berbeda dengan Whatsapp personal karena fiturnya pun berbeda.

Selayaknya toko online gratis, Whatsapp bisnis mempunyai berbagai fitur yang menunjang para pelaku bisnis untuk mempromosikan barang atau jasanya dengan mudah, seperti fitur label, katalog, pesan otomatis, dan sebagainya.

Nah, setelah mengunduh aplikasinya, buat atau daftar akun Whatsapp bisnis. Pertama, membuat profil bisnis, disarankan nomor telepon yang digunakan berbeda dengan nomor personal untuk mempermudah jalannya bisnis Anda.

Klik tombol menu “Pengaturan”, kemudian “Pengaturan Perusahaan”, “Profil”. Lalu, “Edit” dan simpan. Buatlah profil bisnis Whatsapp Anda yang memuat informasi penting, di antaranya alamat toko (sesuai maps), jam operasional, dan alamat email.

Selain itu, tambahkan pula deskripsi bisnis dan situs web. Bila belum memiliki situs web, Anda bisa membuatnya melalui jasa pembuatan website. Kemudian, manfaatkan fitur label untuk mengatur dan bertukar pesan dengan pelanggan baru, pesanan yang belum dibayar atau sudah selesai, dan sebagainya.

Manfaatkan pula, fitur katalog supaya calon pelanggan mengetahui barang atau jasa yang Anda jual, sertakan pula deskripsi yang lengkap dan harga. Whatsapp bisnis siap digunakan.

Namun, sebelum mulai berbisnis, pahami terlebih dahulu tips jualan online laris di Whatsapp berikut ini.

1. Menentukan Target Pasar


Cara agar laris jualan online via Whatsapp yang pertama, yakni menentukan target pasar. Misal, Anda hendak menjual produk elektronik, tentu target pasarnya kebanyakan laki-laki dengan rentang usia 24–40 tahunan dan aktif bermedia sosial.

2. Membuat Rencana dan Target Pencapaian


Tips berikut, buatlah rencana dan target pemasaran. Tujuannya agar promosi yang Anda lakukan lebih terarah. Tentukan target promosi, baik itu segmen pasar maupun target pencapaian.

Apabila mempunyai segmen pasar, promosi yang Anda lakukan akan lebih terarah sehingga minat calon pelanggan pun semakin meningkat. Selain itu, pentingnya membuat target pencapaian agar dapat dilakukannya pengevaluasian dan perbaikan dalam hal-hal tertentu.

3. Memilah dan Memilih Kontak sebagai Target Pasar


Memperbanyak kontak memang sangat diperlukan guna memperluas jaringan. Namun, Anda juga perlu mengelola kontak yang Anda miliki dengan baik.

Coba buat kontak yang sekiranya berpotensi menunjang bisnis Anda. Pilah dan pilih yang dirasa sering melakukan transaksi jual beli dengan Anda sehingga Anda bisa menindaklanjuti promosi dengan mereka.

Bagi yang jarang atau belum pernah melakukan transaksi, Anda bisa coba melancarkan dengan strategi lain.

4. Manfaatkan Fitur Status Whatsapp


Fitur Status atau Story di Whatsapp akan sangat berguna sebagai penunjang promosi bisnis yang terbilang efektif dan efisien. Coba buat konten unik dan kekinian berupa foto ataupun video dengan memperlihatkan barang atau jasa yang Anda jual untuk menarik calon konsumen.

Anda bisa memasukkan tagline sehingga calon konsumen akan semakin tertarik dan penasaran dengan produk Anda. Agar semakin menarik, buat pula konten informatif seputar produk Anda.

Kemudian, perlu menentukan waktu yang akan Anda gunakan untuk promosi, misalnya, pagi dan sore hari.

5. Manfaatkan Call to Action (CTA)


Call to Action atau yang dikenal dengan CTA merupakan seruan kepada calon pelanggan. CTA sangat penting karena akan berpengaruh pada calon konsumen. Oleh sebab itu, gunakan kalimat yang menarik dan mudah dipahami. Misalnya, “Coba segera!”, “Jangan sampai kehabisan!”, ataupun “Barang terbatas!”.

6. Promosi melalui Pesan Broadcast


Manfaatkan promosi barang atau jasa yang Anda jual melalui fitur broadcast message. Buatlah pesan broadcast yang menarik agar calon pelanggan tertarik untuk membaca dan membeli produk Anda.

Namun, manfaatkan promosi melalui pesan broadcast hanya di waktu tertentu. Apabila terlalu sering, dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan calon konsumen, bahkan berpotensi nomor Anda diblokir.

7. Rapikan Katalog Promosi


Tips yang tidak boleh terlupakan, yakni buatlah katalog promosi toko Anda serapi mungkin. Hal ini akan menjadi daya pikat calon pelanggan. Pakailah foto yang jelas, sesuaikan dengan ketentuan yang ada di Whatsapp.

Kemudian, update selalu produk terbaru dan yang sudah tidak tersedia. Hapus bilamana produk tersebut kosong. Kemudian, pada katalog promosi, jangan lupa tambahkan informasi produk secara lengkap, seperti judul, deskripsi produk yang sesuai, dan harga di setiap produk milik Anda.

8. Menautkan Link Nomor Whatsapp di Media Sosial


Bila memiliki akun media sosial khusus untuk barang atau jasa yang Anda jual, Anda bisa memasang link nomor Whatsapp di bio media sosial toko online Anda. Hal itu agar calon pelanggan bisa secara langsung menghubungi dan memesan jualan online via Whatsapp produk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan situs web bisnis di media sosial toko online. Bila belum mempunyai situs web resmi toko online, Anda bisa buat melalui jasa pembuatan website.

9. Membuat Grup Whatsapp Jualan Online


Kumpulkan beberapa konsumen ke dalam sebuah grup Whatsapp. Bisa jadi cara yang satu ini kurang efektif dan efisien bagi beberapa bisnis. Akan tetapi, Anda bisa memaksimalkannya dengan tips-tips.

Terdapat beberapa keunggulan dengan memanfaatkan fitur grup Whatsapp, di antaranya berdiskusi seputar jualan online dan bisa saling bertukar promosi bisnis. Usahakan membuat peraturan grup agar promosi bisnis di grup Whatsapp tersebut dapat terkelola dengan baik.

Hal yang perlu diperhatikan juga, yakni jangan menambahkan kontak ke grup Whatsapp tanpa persetujuan orang yang bersangkutan. Caranya, Anda bisa mengajak orang-orang terdekat terlebih dahulu yang memang tertarik untuk masuk ke grup Whatsapp. Selain itu, Anda juga bisa menautkan link grup Whatsapp jualan online tersebut di bio media sosial toko Anda.

Itulah beberapa cara jualan online laris di Whatsapp yang bisa Anda terapkan. Cara-cara tersebut tidak akan berjalan baik bila tidak dibarengi dengan konsisten dan tekad yang kuat.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar