Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Larangan Haji dan Umroh Wajib Dipatuhi Para Jamaah

Banyaknya momen liburan di bulan Desember sering dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan wisata bersama orang terkasih. Namun, sebagian umat Islam memanfaatkan hari libur yang panjang di bulan ini untuk beribadah dengan melakukan umroh Desember.

Jemaah harus memahami larangan haji dan umroh agar ibadahnya berlangsung sempurna, khusyuk, dan mabrur. Bagi calon jemaah yang belum paham, berikut hal-hal yang dilarang saat umroh dan haji supaya tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya.

8 Hal yang Dilarang Saat Ibadah Haji dan Umroh Desember


Hal yang Dilarang Saat Ibadah Haji dan Umroh Desember

Terdapat beberapa hal yang harus diketahui jemaah umroh dan haji saat melakukan ibadah di tanah suci, misalnya syarat wajib umroh. Selain itu, para jemaah juga harus memahami berbagai larangan ketika mulai beribadah hingga akhir pelaksanaannya. Apa sajakah larangan tersebut?

1. Memotong, Mencukur, atau Mencabut Rambut dan Bulu Badan


Sesuai dengan Al Quran surah Al Baqoroh ayat 196, jemaah umroh dilarang untuk mencukur atau mencabut rambut dan bulu badan. Ini meliputi rambut di kepala, bulu di ketiak, badan, dan bulu hidung, serta kumis dan jenggot.

Namun, larangan menjadi batal jika terjadi peristiwa di luar kendali jemaah, misalnya rambut dan alis yang rontok ketika sedang tidur. Selain itu, Syekh Nawawi Banten menjelaskan ada juga kelonggaran tentang larangan potong rambut.

Apabila ada sedikit rambut yang mengganggu mata, maka jamaah diperbolehkan untuk memotongnya tanpa sanksi. Akan tetapi, jika memotong seluruh rambut, maka jemaah umroh harus dikenai denda dengan membayar fidyah.

2. Memotong Kuku Jari Tangan dan Kaki


Para ulama sepakat bahwa orang yang sedang melakukan ihram dilarang memotong kuku. Meski demikian, larangan ini bisa dibatalkan jika kuku mengalami kerusakan. Apabila kuku rusak akan mengganggu dan atau menyakitkan, maka jemaah dapat memotongnya tanpa membayar fidyah.

Walau diperbolehkan karena kondisi tertentu, memotong kuku saat ibadah umroh atau haji juga ada aturannya. Jika memotong dan merapikan semua kuku, baik bagian tangan dan kaki, maka sebagian ulama dari mazhab Hanafiyah menyebutkan bahwa jemaah wajib membayar kifarat.

3. Larangan Umroh, Menggunakan Minyak Wangi


Jika sudah berniat ihram umroh di miqot, maka Anda tidak diperbolehkan menggunakan parfum, baik di tubuh maupun di pakaian ihram. Sesungguhnya ada niat baik di balik larangan menggunakan parfum, yaitu agar jemaah fokus beribadah dan tidak sibuk bergaya serta berdandan.

Selain itu, parfum menghasilkan bau harum yang dapat mengundang syahwat manusia dan dikhawatirkan akan menjurus ke persetubuhan. Sedangkan bersetubuh merupakan hal yang sangat dilarang saat melakukan ibadah umroh maupun haji.

4. Jima’ atau Melakukan Hubungan Suami Isteri


Jemaah umroh sangat dilarang untuk melakukan hubungan suami istri (jima’). Jemaah juga dilarang bermesraan, bercumbu, merayu, dan melakukan sentuhan yang bisa menjurus ke perbuatan jima’.

5. Laki-Laki Dilarang Menutup Kepala Secara Langsung


Khusus jemaah laki-laki dilarang menutup kepala secara langsung, misalnya menggunakan topi, sorban, atau kopiah. Namun, Anda dapat menggunakan payung atau berkemah yang tidak menempel langsung dengan kepala.

Adapun jemaah wanita tentu saja diperbolehkan mengenakan hijab atau kerudung. Akan tetapi, para wanita tidak diperkenankan memakai sarung tangan dan cadar selama ihram.

6. Mengenakan Pakaian yang Dijahit Menuruti Bentuk Badan


Jemaah laki-laki tidak boleh memakai bentuk pakaian yang membentuk badan, seperti jubah, celana, kaos dalam, celana dalam, dan sebagainya.

7. Menikah, Melamar, atau Menikahkan


Larangan ini berlaku bagi jemaah pria maupun wanita yang sedang ihram. Anda tidak boleh menikah, menjadi wali atau perwakilan wali untuk akad nikah, juga tidak boleh melamar seorang wanita. Pasalnya, semua itu akan menjurus ke perbuatan jima’ yang dilarang saat ibadah umroh.

8. Berburu Binatang Buruan Darat


Jamaah umroh dan haji dilarang melakukan perburuan hewan buruan darat, seperti rusa. Adapun ayam, onta, sapi, kambing, bukanlah termasuk hewan buruan melainkan ternak dan ini boleh diburu. Demikian juga menangkap binatang air, seperti ikan, tidak menjadi masalah dan boleh dilakukan.

Semua larangan ini dapat dipelajari saat membaca tata cara manasik haji dan umroh yang diberikan oleh biro travel haji yang Anda pilih. Agar tidak keliru dalam pelaksanaan ibadah dan lancer mulai akhir hingga usai, sebaiknya gunakan jasa yang terpercaya seperti travelumrohhajiku.com.

Mengenal Jasa Umroh Terpercaya, travelumrohhajiku.com


Banyak travel menawarkan perjalanan umroh dengan iming-iming harga murah namun sudah dilengkapi dengan akomodasi nyaman, Namun, daripada tertipu, alangkah tepatnya menggunakan yang sudah berpengalaman seperti travelumrohhajiku.com.

Travel berpengalaman menangani umroh dan haji plus dan telah mengantongi izin resmi dari Kementrian Agama serta Kementerian Pariwisata. Demi melayani jemaah yang hendak umroh di bulan Desember, travelumrohhajiku.com menyediakan berbagai paket.

Proses pendaftaran umrohnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir umroh sebagai bukti pendaftaran. Dengan mengisi formulir tersebut, jemaah sudah terdaftar dan dapat memilih paket yang dikehendaki.

Setiap jemaah akan mendapatkan jaminan asuransi perjalanan umroh yang membuat peserta merasa aman dan tenang selama menjalani ibadah umroh. Di samping itu, jemaah akan didampingi oleh pembimbing yang berpengalaman untuk menjamin pelaksanaan umroh berjalan lancar dan sesuai syariat.

Jadi, tidak perlu ragu dan lama menunggu. Segera daftarkan diri untuk mengikuti umroh Desember yang diselenggarakan oleh travelumrohhajiku.com dan rasakan pengalaman beribadah yang khusyuk dan tenang bersama travel ini.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar