Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

4 Manfaat Social Media Analytics

Bagi Anda yang sering melakukan optimasi social media tentu sudah akrab dengan istilah social media analytics dan bigbox. Bigbox adalah penyedia layanan social media analytics yang lebih dikenal dengan nama big social (https://bigbox.co.id/products/big-social).

Sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah supaya diadakannya big data analytics berisi berbagai informasi yang valid, menyeluruh, dan saling terintegrasi, maka Telkom pun akhirnya menjawabnya dengan menghadirkan bigbox.

Bigbox berorientasi pada kesuksesan pelanggannya yang setia menggunakan layanan social media analytics besutannya. Sehingga ia didesain agar bisa diakses, dibagikan, dan dipertanggungjawabkan dengan sebaik mungkin.

Apa Saja Manfaat Social Media Analytics?


Manfaat Social Media Analytics

Social media analytics merupakan rangkaian proses mulai dari pencarian, penghimpunan, dan pengolahan data yang didapatkan dari social media. Data yang diperoleh kemudian dianalisis agar menghasilkan produk yang bisa digunakan sebagai informasi untuk meningkatkan performa bisnis.

Potensinya untuk meningkatkan performa bisnis membuatnya sering dimanfaatkan oleh para pelaku optimasi media sosial. Lalu sebenarnya apa saja manfaat social media analytics? Anda bisa menyimak beberapa manfaat dari social media analytics, berikut ini.
 

1. Memonitor Aktivitas Marketing


Marketing merupakan ujung tombak dari setiap bisnis. Sebaik apapun produk yang dibuat oleh suatu perusahaan, tapi jika tidak ada marketing yang bertugas dengan baik maka besar kemungkinan akan terjadi kebangkrutan.

Saat berbicara mengenai marketing maka hal yang dibahas pun tidak akan jauh-jauh dari kegiatan publikasi dan promosi. Sayanganya kegiatan promosi ataupun publikasi lebih sering menjadi tidak terkontrol dan hanya menghabis-habiskan dana tanpa diketahui tingkat efektivitasnya.

Hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika Anda menggunakan social media analytics tools. Pasalnya, social media analytics tools akan membantu Anda untuk membuatkan riwayat publikasi dan feed back yang diperoleh dari setiap kegiatan yang dilakukan.

Respon yang didapatkan itu bisa dijadikan alat untuk memonitor aktivitas marketing yang selama ini telah dilakukan. Anda bisa mengumpulkan data monitoring dari divisi marketing untuk keperluan perusahaan di masa yang akan datang.

2. Menentukan Target Market yang Tepat


Setiap produk yang dibuat oleh suatu perusahaan tentunya sudah mempertimbangkan secara matang mengenai siapa target market atau pangsa pasarnya. Akan tetapi, perkembangan zaman terkadang membuat suatu produk mengalami pergeseran pangsa pasar.

Pergeseran target market ini bisa disebabkan karena kebiasaan dan budaya yang dilakukan oleh masyarkat dimana mulai mengalami perubahan. Terutama karena adanya akulturasi dan asimilasi budaya. Sehingga tidak ada yang benar-benar pasti dan statis.

Informasi mengenai dinamika target market ini bisa diperoleh melalui social media analytics tools. Social media analytics tools dapat memberikan data demografi dari pengunjung akun sosial media maupun produk sejenisnya. Dengan begitu Anda bisa menentukan target market yang tepat.

3. Menghimpun Pengalaman Konsumen


Pengalaman seseorang ketika menggunakan suatu produk adalah sebuah harta karun yang harus digali oleh perusahaan. Akan menghabiskan banyak biaya dan waktu jika harus mengumpulkan seluruh informasi tersebut secara langsung.

Untuk itulah Anda membutuhkan social media analytics tools agar memperoleh berbagai pengalaman konsumen yang mereka bagikan secara sukarela di akun media sosialnya, tanpa mengeluarkan banyak tenaga, biaya, dan waktu.

Tidak mungkin seseorang akan menyukai produk Anda secara totalitas. Begitu juga dengan orang yang tidak menyukai produk Anda. Meskipun seseorang mungkin tidak menyukainya, tentu ada bagian-bagian tertentu yang mereka suka.

Melalui pengalaman itulah Anda bisa mengevaluasi produk yang selama ini dipasarkan dan mulai meningkatkan kualitasnya. Anda bisa mengetahui bagian mana yang mereka sukai dan bagian mana yang perlu ditingkatkan.

4. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan


Dengan menggunakan social media analytics tools maka Anda dapat mendapatkan seluruh informasi terkait analisis audiens, kompetitor, iklan berbayar, demografi, influencer, sentimen, dll. Yang mana semua itu akan berujung pada tingkat kinerja dari divisi marketing.

Divisi marketing memang menjadi ujung tombak dari suatu perusahaan. Akan tetapi, keberhasilan perusahaan tidak hanya bergantung dari mereka saja. Setiap komponen yang terdapat dalam perusahaan memiliki peranannya masing-masing yang harus dioptimalkan.

Sehingga, seluruh data yang diperoleh dari social media analytics sebenarnya merupakan bahan yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan bagi seluruh divisinya. Bagaimanapun juga setiap divisi memiliki peranan yang harus dijalankan secara maksimal.

Jika saja ada salah satu bagian yang tidak menjalankan fungsinya secara maksimal, maka kinerja perusahaan akan menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan tersebut harus segera ditindaklanjuti agar tidak berlarut-larut dan menimbulkan permasalahan yang lebih serius.

Itulah 4 manfaat social media analytics yang perlu Anda ketahui. Social media analytics akan dibutuhkan pada setiap bisnis yang dijalan, untuk itu pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Jika Anda belum memiliki cukup biaya untuk menggunakan social media analytics tools berbayar, maka gunakanlah yang free. Sesuaikan kebutuhan dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan sampai hal ini justru menambah masalah karena Anda menggunakan social media analytics yang berbayar.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar