Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Tips Mencari Kerja Untuk Fresh Graduate

Lulus dari Universitas dan mendapatkan gelar sarjana pastilah merupakan kebanggaan tersendiri. Setelah belajar selama 4 tahun, kini saatnya para sarjana muda ini lepas dari dunia kampus dan memasuki dunia kerja.

Dunia kerja berbeda dengan dunia kampus yang lebih banyak menerapkan teori. Di dunia kerja, segala ilmu yang dipelajari dalam perkuliahan sudah waktunya untuk diterapkan.

Masalahnya mencari kerja tak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih kebanyakan perusahaan biasanya mencari karyawan yang sudah mempunyai pengalaman kerja.

Mengenal Dunia Kerja Setelah Selesai Kuliah


Mengenal Dunia Kerja Setelah Selesai Kuliah

Jika saat kuliah di kampus, kita mengeluarkan uang untuk membayar uang kampus, maka saat bekerja kita akan dibayar. Itulah dunia kerja. Dimana pengetahuan yang kita miliki bisa diterapkan untuk mendapatkan sesuatu, kemudian kita dibayar.

Pengalaman dibayar untuk pertama kalinya inilah yang membuat para fresh graduate terkesan. Alasannya karena ini untuk pertama kalinya mereka mendapatkan penghasilan dari apa yang mereka lakukan.

Dunia kerja tidak membutuhkan teori lagi, melainkan praktek. Ada aturan di dalamnya yang membuat dunia kerja terasa menyenangkan. Suasana kerja, gajian, meeting pastilah tidak ditemukan saat masih kuliah di kampus.

Tips Mencari Kerja di Dunia Kerja Untuk Fresh Graduate


Tips Mencari Kerja di Dunia Kerja Untuk Fresh Graduate

Masuk ke dunia kerja itu tidak mudah. Perusahaan membutuhkan karyawan dengan kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh para fresh graduate. Persaingan antar fresh graduate inilah yang membuat kesempatan untuk diterima menjadi kecil. Hanya yang terbaik dan memenuhu kriteria perusahaan yang diterima.

Lalu bagaimana jika fresh graduate merasa belum mendapatkan pekerjaan, padahal sudah melamar pekerjaan kemana-mana. Apa waktu untuk menunggu panggilan kerja dipakai untuk diam saja, atau justru mengupgrade diri agar menjadi lebih siap masuk ke dunia kerja.

Jika ingin memperbesar kemungkinan diterima ke perusahaan incaran, kegiatan untuk meningkatkan kemampuan diri memang sangat diperlukan. Beberapa tips berikut ini bisa dijadikan patokan untuk mencari kerja bagi para fresh graduate, yaitu :

1. Asah Passion


Passion atau kemampuan diri adalah bekal yang bisa kita maksimalkan sebelum masuk ke dunia kerja. Misal passion kita di bidang IT, maka perdalam passion yang kita punya dengan mendalami IT. Atau passon kita di bidang menulis. Maka perbanyaklah menulis dan perdalam kemampuan agar kita menjadi ahli.

Mengasanh passion membuat kemampuan kita meningkat, sehingga perusahaan akan siap menerima Anda untuk bergabung di perusahaannya.

2. Pertajam Skill dan Kemampaun


Skill berhubungan dengan passion. Bedanya passion ada unsur hobi di dalamnya. Sementara skill lebih global. Sambil mencari kerja, tak ada salahnya kita ikut kursus Bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan berbahasa asing. Atau kursus pemograman bagi yang ingin bekerja di bidang IT.

Semakin banyak skill yang kita miliki, semakin besar peluang kita diterima di perusahaan impian kita. Jika kita sudah mahir berbahasa Inggris misalnya, tak ada salahnya kursus bahasa asing lainnya. Kemampuan bahasa yang berbeda ini tentu akan disukai oleh perusahaan.

3. Perbanyak Jaringan Pertemanan


Jaringan pertemanan berguna untuk mencari informasi pekerjaan yang sedang Anda cari. Perbanyaklah pertemanan untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar lowongan pekerjaan yang Anda inginkan.

Jaringan pertemanan yang dimaksud bukan teman yang hanya untuk senang-senang ya. Melainkan teman yang bisa bergerak maju dan mendukung setiap langkah kita.

Teman seperti ini tidak akan segan untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan, bahkan kadang memberikan tips agar diterima di perusahaan incaran.

4. Pilih Perusahaan yang Tepat


Perusahaan tempat kita bekerja nanti, bukan hanya sebagai tempat untuk mencari nafkah. Melainkan menjadi rumah kedua dimana kita merasa nyaman bekerja, sehingga perusahaan mendapatkan loyalitas dari pekerjanya.

Karena itu penting bagi para fresh graduate untuk mencari kerja di perusahaan yang tepat. Artinya perusahaan yang tidak hanya memberikan gaji bulanan, melainkan memberikan kenyamanan bekerja untuk karyawannya serta memperhatikan kesejahteraan karyawan. Perusahaan yang demikian ini akan membuat para pekerjanya loyal tanpa diminta.

5. Beri Kesan Terbaik Saat Wawancara


Wawancara termasuk salah satu cara perusahaan untuk merekrut karyawan. Karena itulah penting bagi para fresh graduate untuk memenuhi persyaratan yang diberlakukan perusahaan saat wawancara. Seperti berpakaian formal, membawa dokumen yang diperlukan dan lain-lain.

Memberi kesan yang baik saat wawancara akan memperbesar kemungkinan fresh graduate diterima di perusahaan impian tersebut. 

Sampaikan dengan sopan dan jelas mengenai apa saja kemampuan yang dimiliki, prestasi apa saja yang sudah pernah diraih dan apa harapan terhadap perusahaan. Hindari kesan sombong dan menghina. Atur kata-kata dengan sopan dan merendah.

Itu dia beberapa tips yang bisa dipakai oleh para fresh graduate dalam mencari kerja di dunia kerja. Jika diterapkan semuanya, kemungkinan besar diterima di perusahaan impian bisa saja terwujud.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar