Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

7 Jenis-Jenis Gudang untuk Penyimpanan Stock Anda

Gudang merupakan tempat untuk menyimpan barang, perlengkapan industri, bahan, dan lainnya. Bagi Anda yang tidak memiliki ruang penyimpanan hanya ada dua solusinya membangun gudang di tempat berbeda atau sewa gudang.

Bangun atau sewa gudang terdapat kekurangan dan kelebihan. Kelebihan bangun gudang sendiri adalah tidak perlu mengeluarkan biaya sewa setiap bulan/tahun, hak milik perusahaan, dan bebas dimodifikasi. 

Kekurangannya membangun gudang lebih banyak biayanya dan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus membeli tanah kosong yang luas dan cukup menelan dana. Belum lagi jika gudang ingin pindah tidak mudah untuk menjualnya.

Sedangkan untuk sewa gudang memiliki kelebihan, tinggal memilih gudang mana yang dibutuhkan, tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkannya. 

Jika ingin pindah tidak perlu repot-repot hanya dengan memutuskan kontrak sewa, mendapatkan fasilitas lainnya dari pemilik warehouse. Kekurangannya harus membayar sewa setiap bulan/tahun. Namun, dengan menyewa gudang lebih praktis dan efisien waktu.

Bagi Anda yang ingin sewa gudang sebaiknya kenali dahulu tipe-tipe gudang yang cocok untuk keperluan industri. Untuk lebih jelasnya baca tulisan ini sampai akhir.

7 Tipe Gudang/ Warehouse Untuk Penyimpanan Stock


7 Tipe Gudang/ Warehouse Untuk Penyimpanan Stock

1. Gudang Fulfillment


Fulfillment merupakan istilah baru yang ada di dunia distribusi dan logistik, terutama dalam bidang business to consumer(B2C) dan business to business (B2B). Gudang tipe ini sering digunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang e-commerce. Karena kebutuhan penyimpanannya yang besar dan sifatnya B2C maupun B2B.

Cara kerjanya barang dari mitra/toko online yang bernaung di e-commerce menyimpan barang ke gudang e-commerce. Kemudian pihak e-commerce mengelolanya dan mendistribusikan ke konsumen sesuai dengan pesanan.

2. Gudang Cross-Docking


Jika Anda membutuhkan penyimpanan dalam waktu sebentar, Anda bisa memilih jenis gudang cross-docking. Gudang ini hanya berfungsi sebagai pusat transit logistik. Contohnya transit barang dari supplier yang akan dikirim ke daerah yang sama.

Setelah supplier kirim barang ke gudang, selang beberapa waktu sesuai dengan perjanjian waktu kirim, langsung dikirim ke tujuan. Jadi jenis warehouse ini sebaiknya sewa gudang saja.

3. Gudang Barang Retur


Agar Anda tidak pusing antara barang yang tersedia dengan barang yang dikembalikan sebaiknya gunakan tempat penyimpanan yang terpisah. Caranya dengan menggunakan gudang barang retur. Dengan gudang ini Anda bisa menghitung berapa barang yang diretur, jenis kerusakan pada barang, dan berapa banyak yang bisa diperbaiki maupun repacking. Jadi akan jelas total barang yang dimiliki.

4. Gudang Pusat Sortir


Gudang pusat sortir merupakan jenis gudang yang ditujukan untuk penyimpanan berupa parsel dan surat. Kedua hal tersebut masuk dalam gudang besar kemudian dipilah berdasarkan kode pos yang tertera. Kemudian dikelompokan dan dikirim ke area kode pos yang sama.

5. Gudang Transhipment


Tipe gudang ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Cross-Docking. Hanya saja barang yang disimpan adalah barang yang memiliki volume besar. Cara kerjanya setelah barang sampai ke gudang kemudian disortir kembali berdasarkan tujuan pengiriman.

6. Gudang Hasil Produksi


Gudang yang difungsikan hanya untuk menyimpan barang hasil produksi. Kemudian barang akan didistribusikan kepada berbagai grosir atau toko. Untuk gudang ini Anda bisa menyewa perminggu atau perbulan, karena hasil produksi tidak setiap hari dan disimpan hanya sebentar saja untuk menunggu dikirim.

7. Gudang Bahan Baku


Tipe gudang yang diperuntukan untuk menyimpan bahan baku industri. Industri yang menggunakan tipe gudang ini adalah industri material. Lokasi gudangnya pun tidak berjauhan dengan industri, agar pengambilan dan penyimpanan barang lebih dekat.

Setelah Anda mengetahui tipe-tipe gudang untuk segala usaha. Sekarang Anda bisa menentukan jenis gudang seperti apa yang Anda butuhkan. Apakah perlu membangun gudang sendiri atau menyewa saja. Dari banyak jenis gudang di atas, sebaiknya sewa gudang menjadi solusi. Karena untuk menyimpan barang tidak semuanya membutuhkan waktu penyimpanan yang lama.

Untuk Anda yang memilih untuk menyewa gudang sebaiknya yang memiliki sistem bagus dan pelayanannya juga terbaik. Jasa sewa gudang yang bisa Anda percaya adalah Jasa Gudang Shipper.

Shipper merupakan jasa gudang dan warehouse yang terpercaya di Indonesia dan berpengalaman. Kelebihan menggunakan Jasa Gudang Shipper, antara lain:

  • - Sudah berpengalaman dalam layanan penyimpanan. Mulai dari penjemputan barang, metode penyimpanan, pemeriksaan keadaan barang dan selalu update stok barang.
  • - Memiliki sistem packing dan pengiriman barang. Sistem kirim barang dengan mengikuti order yang masuk dari konsumen, kemudian di packing, dikirim sesuai dengan ekspedisi yang sudah ditentukan oleh Anda, dan diberikan no resi untuk pengecekan barang.
  • - Lokasi warehouse yang strategis dan berada dalam pusat kota yang mudah dijangkau.
  • - Terdapat paket layanan untuk kebutuhan warehouse Anda.

Dengan sewa gudang di Shipper Anda tidak perlu kerepotan mengelola perlogistikan usaha Anda.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar