Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Apa Itu Beras Organik, Keunggulan dan Tempat Beli

Saat ini budaya hidup sehat mulai digemari oleh banyak kalangan nih, baik dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Tidak heran kalau saat ini permintaan makanan organik, seperti beras organik semakin meningkat.

Selain sayuran dan buah-buahan, beras organik juga sangat penting perannya dalam penerapan gaya hidup sehat mengingat orang Indonesia rasanya tidak bisa lepas dari nasi sebagai makanan pokok.

Lantas, apa itu beras organik, manfaat dan keunggulan beras organik? Dapatkan ulasan lengkapnya di penjelasan berikut ini ya.

Pengertian Beras Organik


Pengertian Beras Organik

Beras organik adalah hasil beras yang dibudidayakan tanpa penggunaan pestisida atau bahan kimia lainnya selama proses penanamannya.

Selain menjaga tanaman beras agar bebas dari bahaya pupuk atau pestisida kimia, proses penanaman organik juga sangat bermanfaat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem sekitar.

Dalam proses budidaya beras secara organik, pupuk yang digunakan adalah pupuk alami seperti kompos, pupuk hijau atau pupuk hayati, sehingga membantu kesuburan tanah sekaligus membangun ekosistem berkelanjutan.

Tidak hanya itu saja, budidaya beras dengan sistem organik ini juga dapat mengendalikan OPT (organisme pengganggu tanaman).

Keunggulan Beras Organik


Beras organik memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan beras non organik, di antaranya:

  1. Beras organik terasa lebih pulen saat dimasak
  2. Tanpa adanya bahan pengawet, beras organik terjamin aman saat dikonsumsi
  3. Mengkonsumsi beras organik sangat mendukung kesehatan karena lebih sehat dan lebih bernutrisi
  4. Hasil nasi yang ditanak lebih awet dan tidak cepat berlendir atau basi.
  5. Penerapan budidaya beras organik secara tidak langsung mendukung para petani lokal untuk mulai menerapkan pupuk organik yang lebih aman untuk mewujudkan lingkungan yang sehat.

Manfaat Beras Organik


Selain memiliki beberapa keunggulan yang sudah dijelaskan, mengkonsumsi beras organik juga membawa manfaat yang cukup besar bagi tubuh, yaitu:

  1. Mengkonsumsi beras organik membantu mengurangi urea dalam darah yang telah menumpuk dikarenakan terbiasa mengkonsumsi beras yang dipupuk dengan urea. Selain itu, dapat pula mengurangi kadar logam berat pada darah dikarenakan penggunaan bahan kimia sebagai pupuk tanaman. Hal itulah yang dapat mencegah terserangnya berbagai macam penyakit.
  2. Aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Beras organik memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi. Karbohidrat dan proteinnya juga termasuk yang mudah diurai sehingga sangat diperhatikan untuk para penderita diabetes.
  3.  Baik untuk program diet, Karena kandungan gula pada beras organik sangat rendah, maka aman dikonsumsi meski dalam jumlah banyak saat dalam program diet.
  4. Mencegah risiko kanker, serangan jantung, darah tinggi, vertigo, dan asam urat. Dikarenakan beras organik memiliki kandungan nutrisi, mineral tinggi, glukosa, karbohidrat dan proteinnya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah beberapa manfaat sekaligus keunggulan dari beras organik, tidak hanya bermanfaat untuk tubuh tetapi ternyata membawa juga kebermanfaatan yang luas untuk lingkungan.

Lantas bagaimana ciri beras organik yang perlu diketahui? Salah satu ciri yang bisa dilihat secara kasat mata adalah tekstur beras organik licin dengan warna yang mengkilap. Aromanya sedikit lebih wangi dengan rasa yang agak manis.

Karena manfaat lebih yang ditawarkan, tidak heran jika harga beras organik sedikit lebih mahal dengan beras biasa. Tapi tenang saja, meskipun harga beras organik lebih tinggi membawa manfaat yang jauh lebih tinggi juga.

Untuk memastikan keaslian beras organik, maka Anda perlu memilih tempat yang tepat untuk membeli beras organik. Pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Jika Anda ingin memulai penerapan gaya hidup sehat, maka sangat direkomendasikan untuk mulai merubah kebiasaan mengkonsumsi beras non organik dengan mengkonsumsi beras organik.

Manfaatnya mungkin tidak terasa saat itu juga, tetapi dengan berjalannya waktu manfaat dari konsisten mengkonsumsi makanan sehat itu pasti akan didapatkan.

Sekarang tidak perlu pusing-pusing lagi kemana harus membeli beras organik. Salah satu tempat yang telah terbukti kualitasnya adalah sesa.id, sebuah platform digital yang memungkinkan Anda membeli kebutuhan sehat secara komplit seperti makanan sehari-hari, mulai dari sayur mayur, lauk-pauk, snack, dan bahan masak lainnya.

Beras Organik

Melalui platform sesa.id yang bisa Anda download di App Store dan Play Store, Anda juga bisa mendapatkan produk beras organik yang terjamin kualitasnya dengan harga yang bersaing juga tentunya.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar