Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

10 Manfaat Kacang untuk Kesehatan Anda

Kacang punya beragam jenis. Rasanya enak dan banyak peminatnya. Cocok dijadikan camilan atau bahan makanan dengan cita rasa yang khas. Banyak tempat jual kacang saat ini, sehingga kacang bisa ditemukan di banyak tempat.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Kacang


Dalam dunia biologi, kacang masuk dalam jenis tanaman kacang-kacangan yang asalnya dari Amerika Selatan. Macamnya ada beragam. Mulai dari kacang tanah, kacang mete, kacang almon, kacang merah, kacang panjang dan masih banyak lagi.

Kacang yang paling sering dimakan adalah kacang tanah. Bahan pangan satu ini memiliki kalori yang tinggi dan padat lemak nabati, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya sebagai zat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kacang tanah juga mengandung zat fitokimia yang termasuk zat kimia alami terdapat di dalam tumbuhan kacang-kacangan. Zat ini membantu tumbuhan kacang tumbuh dan berkembang. Zat fitokimia ini diantaranya yaitu asam titat, fitosterol, isoflavon serta p-Coumarid acid.

Manfaat Kacang Bagi Kesehatan Badan


Manfaat Kacang untuk Kesehatan Anda

Kacang termasuk kacang tanah termasuk makanan bergizi yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan badan. Salah satunya yaitu sebagai menu diet. Hal ini dikarenakan kacang bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengontrol nafsu makan.

Manfaat lainnya dari kacang untuk kesehatan badan diantaranya :

1. Mengurangi Depresi


Kacang tanah mengandung zat triptofan asam amino yang bisa membentuk hormon serotonin. Hormon ini berfungsi untuk membentuk suasana hati, seperti perasaan senang dan pikiran yang tenang. 

Dengan demikian makan kacang dapat membantu mengurangi depresi, karena akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin lebih banyak.

2. Mengurangi Gula Darah


Kacang tanah memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu 23. Indeks glikemik ini termasuk indeks yang menentukan lonjakan gula darah dalam tubuh. Menurut para ahli, makanan yang memilki indeks glikemik dengan skor di bawah 55, termasuk makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Itulah kenapa kacang termasuk makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena indeks glikemik yang ada di dalamnya dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh.

3. Mencegah Penyakit Jantung


Kacang tanah juga mengandung asam oleat yang dapat menurunkan risiko kardiovaskuler. Penyakit ini termasuk salah satu penyebab jantung koroner. Mengkonsumsi kacang tanah dipercaya dapat mengurangi risiko penyebab penyakit jantung dan menyehatan jantung.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol


Kacang termasuk makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk menurunkan low density lipoprotein atau LDL di dalam tubuh.

LDL termasuk lemak jahat yang bisa membuat plak yang menempel di dalam pembuluh darah. Plak inilah yang dinamakan kolesterol tinggi. Jika LDL tidak dhilangkan, maka plak akan menyumpat asupan oksigen ke jantung. Sehingga risiko penyakit jantung pun juga besar.

Makan kacang secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat sekaligus penyakit jantung. Tubuh pun semakin sehat.

5. Mengatasi Masalah Kulit


Selain baik untuk menjaga kesehatan badan, rupanya kacang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E di dalamnya bagus untuk mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit wajah.

Selain itu ada juga vitamin B dan riboflavin yang dapat membuat kulit nampak lebih bersinar. Sementara molekul antiviral resveratrol yang tinggi dapat mencegah penuaan dini. Mengkonsumsi kacang tanah secara teratur dapat membuat kulit lebih sehat dan cantik.

6. Mencegah Risiko Kanker Perut


Kacang juga dipercaya bisa mencegah risiko kanker perut. Kanker ini biasanya tidak terdeteksi di stadium awal karena tanda-tandanya tidak jelas. Bahkan sering diartikan seperti maag biasa dan baru terlihat saat stadium akhir.

Untuk mencegah pertumbuhan sel kanker perut, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kacang. Hal ini dikarenakan kacang dapat memproduksi karsinogenetik nitro amina yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada perut.

7. Mencegah Stroke


Kandungan lainnya dari kacang yang baik untuk kesehatan yaitu antioksidan dan resveratrol. Kedua kandungan tersebut dapat mencegah stoke terjadi pada tubuh dan memastikan sel dalam tubuh bekerja dengan baik dan tanpa hambatan.

8. Mencegah Risiko Penyakit Batu Empedu


Penyakit batu empedu adalah penyakit yang diakibatkan oleh pembentukan batu di dalam empedu. Penyebabnya bisa beragam dan ditandai oleh nyeri pada bagian perut secara mendadak. Gejala lainnya yaitu mual, muntah, hilang nafsu makan, diare, sakit maag dan urine berwarna gelap.

Mengkonsumi kacang secara teratur, dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit batu empedu dan juga hati sampai 50%.

9. Meningkatkan Kesuburan


Mengkonsumsi kacang tanah minimal 100 gram sehari dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada perempuan. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat yang bisa meningkatkan fertilitas. Asam folat juga bagus untuk perkembangan otak janin, sehingga baik dikonsumsi ibu hamil.

10. Meningkatkan Memori Otak


Kandungan dalam kacang tanah yang berkontribusi pada perkembangan otak adalah resveratrol dan niacin. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam melancarkan peredaran darah ke otak, sehingga memori otak dapat ditingkatkan dengan lebih optimal.

Konsumsilah kacang secara teratur untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan dapat memperbaiki kualitas tidur dengan lebih baik. Sehingga tubuh pun menjadi lebih sehat.

Distributor Kacang Terbaik di Indonesia


Konsumsi kacang terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Itulah kenapa banyak orang yang suka makan kacang. Baik sebagai camilan sehat, maupun untuk berbagai olahan makanan. 

Kacang mudah didapatkan di tempat jual kacang maupun distributor kacang. Carilah kacang yang berkualitas bagus di tempat jual kacang atau distributor kacang yang terpercaya.

PT. Karya Baru Indonesia adalah perusahaan distributor yang melayani grosir produk hasil pertanian yang berkualitas, seperti kacang tenah, beras ketan, kapulaga, kemiri dan lain sebagainya.

PT. Karya Baru Indonesia yang berlokasi di pusat perdagangan hasil bumi Jakarta ini sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam mengolah hasil pertanian.

Semua produk dari PT. Karya Baru Indonesia, termasuk kacang tanah telah melewati seleksi ketat, inspeksi, pengawasan ketat serta metode penyimpanan yang ideal. 

Dilengkapi dengan dukungan jaringan luas dari dalam maupun luar negeri. Menjadikan produk dari PT Karya Baru Indonesia memiliki kualitas yang terbaik dan harga yang bersaing.

Mau sehat, makan kacang dari PT. Karya Baru Indonesia saja. Informasi selengkapnya langsung ke websitenya ya di www.karyabaruindonesia.com
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar