Payung Teduh adalah blog yang mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin menuliskan apa saja yang diinginkan , its freedom

Tips Memilih Aplikasi Penggajian untuk Perusahaan Konstruksi

Sistem penggajian pada perusahaan konstruksi memang lebih rumit daripada jenis perusahaan lain, tetapi aplikasi yang tepat tentu dapat memudahkan prosesnya. Aplikasi penggajian atau software payroll dapat menghemat uang sekaligus mencegah kesalahan dan membantu bisnis konstruksi Anda mengelola payroll.

Hal tersebut termasuk menghemat waktu dengan mengotomatisasikan laporan, dan dalam banyak kasus, mengintegrasikan sistem penggajian dengan sistem lain seperti absensi online, klaim dan benefit karyawan.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang dapat dilakukan saat memilih aplikasi penggajian.

Identifikasi Kebutuhan Penggajian Bisnis


Tips Memilih Aplikasi Penggajian untuk Perusahaan Konstruksi

Jika perusahaan masih menggunakan sistem penggajian manual, kemungkinan besar karyawan masih terhambat oleh proses kertas, input di komputer yang memakan waktu, atau inefisiensi lainnya.

Saat memilih solusi baru, tentu bisnis perlu memikirkan solusi jangka panjang dan memilih opsi yang tidak hanya akan memenuhi kebutuhan saat ini, tetapi juga tumbuh bersama bisnis seiring dengan perkembangannya.

Sistem user-friendly adalah prioritas tinggi bagi sebagian besar perusahaan konstruksi, dan akses jarak jauh adalah suatu keharusan bagi pekerja di lapangan dan karyawan yang bekerja dari rumah.

Aplikasi penggajian tentu diperlukan terlebih jika perusahaan memiliki proyek bisnis yang meluas, pemrosesan di beberapa lokasi namun hanya terpusat dalam satu aplikasi akan memudahkan karyawan menghitung payroll dimana dan kapan saja.

Pun dengan peraturan pajak maupun UMR yang berbeda di setiap lokasi atau daerah yang berbeda, aplikasi memudahkan sistem untuk mengotomatisasi pembayaran gaji.

Fitur khusus konstruksi lainnya yang mungkin membuat proses penggajian perusahaan lebih efisien yaitu:

  • - Menghitung gaji sesuai posisi atau jabatan karyawan dalam satu waktu maupun beberapa pekerjaan dengan bayaran yang berbeda dalam periode tertentu.
  • - Pembayaran pekerjaan yang secara otomatis perlu dihitung dan didistribusikan kepada tenaga kerja per proyek.

Aplikasi penggajian yang dipilih, harus terintegrasi dengan baik dengan absensi, perhitungan pajak, pengajuan reimbursement karyawan, dan fitur lainnya untuk berbagai informasi antar karyawan tanpa hambatan.

Ketika segala sistem yang berhubungan dengan penggajian dapat terintegrasi, tentu memudahkan perusahaan menyatukan kebutuhan seperti inventaris dokumen, anggaran, maupun pelaporan setiap bulan.

Andalkan Spesialis


Vendor aplikasi penggajian perlu memahami industri dan siklus penggajian perusahaan konstruksi untuk memberikan apa yang dibutuhkan.

Temukan apa yang dikatakan pelanggan atau pengguna aplikasi vendor saat ini dengan memeriksa website maupun media sosial. Jika memungkinkan, hubungi beberapa pengguna aplikasi untuk menanyakan pengalaman mereka menggunakan aplikasi penggajian tersebut.

Penggajian sangat sensitif terhadap waktu, yang mengharuskan calon vendor harus terbukti bertindak cepat atas setiap masalah yang muncul.

Oleh karena itu, ketahui apakah perusahaan Anda akan memiliki support dari vendor tersebut. Tanyakan seberapa berwawasan mereka tentang sistem gaji, bagaimana perusahaan dapat menghubungi mereka (telepon/email), dan berapa lama waktu respon rata-rata.

Cari juga opsi yang memberi perusahaan masa demo gratis sebelum bisnis konstruksi Anda berkomitmen untuk berlangganan aplikasi. Coba segala fitur yang mungkin dibutuhkan perusahaan dan tanyakan segala hal yang perlu disesuaikan dengan sistem penggajian perusahaan.

Dapatkan Support yang Dibutuhkan


Penyedia aplikasi yang dipilih harus memberikan pelatihan dan dukungan agar membantu staff payroll perusahaan menguasai sistem sebelum akhirnya memproses penggajian.

Selain itu, sebelum implementasi secara penuh, beritahu karyawan tentang segala kelebihan aplikasi dan bagaimana aplikasi meningkatkan proses penggajian.

Secara khusus, perusahaan dapat memberitahu karyawan yang mengurus payroll tentang perubahan prosedur, kebijakan, serta proses baru yang akan dijalankan.

Ingin Coba Gratis Software Payroll, Harus Mulai dari Mana?


Jika Anda masih belum yakin untuk menggunakan aplikasi penggajian yang tepat untuk bisnis, pertimbangkan untuk mencoba demo gratis software tersebut. Seperti software payroll Talenta yang sudah digunakan ribuan perusahaan dalam mengotomatisasikan proses penggajian.

Talenta memberi Anda masa uji coba aplikasi. Tidak hanya penggajian, Talenta memberi solusi integrasi lain seperti absensi online, pengajuan cuti dan lembur dalam satu aplikasi, employee self service (ESS), flexible employee benefit, hingga perhitungan pajak penghasilan karyawan.

Langsung cek website Talenta sekarang. Kami dapat membantu Anda mengevaluasi sistem penggajian saat ini dan menyesuaikan aplikasi sesuai kebutuhan perusahaan.
Author Profile

About Irwin Andriyanto

Blogger Tangerang, SEO Spesialist, Digital Marketer, Penikmat Data, Tech Innovation Enthusiast. Sedang hobi membangun beberapa blog "Edo Tensei". Email : [email protected]

0 Komentar

Posting Komentar